Menunjuk wasit dengan akar Brittany untuk derby ini adalah kesalahan. Pada awalnya ini lucu, namun selama hampir empat tahun berada di Rennes saya tahu bahwa ia memiliki kecenderungan untuk memihak salah satu kubu. Saya tidak tahu apa kecenderungan (
Paris (ANTARA News) - Pemain muda Axel Ngando menikmati penampilan gemilang di sepak bola papan atas pada Sabtu, ketika tendangannya di masa tambahan waktu membuat Rennes meraih hasil imbang atas rivalnya Lorient.

Lorient terlihat akan mengalahkan rival regional mereka itu untuk kedua kalinya pada musim ini, ketika mantan penyerang Arsenal Jeremie Aliadere membawa mereka unggul 2-1 melalui tembakan jarak jauh yang bersarang di sudut atas gawang.

Namun Ngando mencetak gol dari umpan yang dikirimkan Jean II Makoun dari jarak dekat pada masa tambahan waktu, untuk memastikan Rennes sementara ini menghuni peringkat keempat, unggul dua poin atas Lorient di klasemen sementara.

Ngando (19) menggantikan Romain Alessandrini dengan waktu bermain selama semenit, dan mencetak gol pada sentuhan pertamanya di kompetisi papan atas Prancis.

Ini merupakan akhir menyesakkan bagi Lorient yang unggul pada babak pertama berkat gol yang dibukukan Yann Jouffre saat pertandingan baru berlangsung selama setengah jam.

Bagaimanapun, pemain internasional Turki Mevlut Erding membuang dua peluang bagus untuk membawa Rennes menyamakan kedudukan, sebelum ia berhasil pada upaya ketiganya ketika ia memutari kiper Benjamin Lecomte untuk mencetak gol setelah barisan pertahanan tuan rumah tidak mampu mengantisipasi umpan panjang.

Aliadiere mencetak gol kesembilannya di musim ini, saat pertandingan tinggal menyisakan sepuluh menit, yang semestinya akan menjadi gol kemenangan sampai Ngando memaksa pertandingan berakhir imbang.

Setelah pertandingan ini, pelatih Rennes Frederic Antonetti, yang diusir ke tribun penonton oleh wasit Bartolomeu Varela, mengkritik keputusan liga yang menunjuk wasit yang berasal dari Brittany itu untuk memimpin pertandingan ini.

"Menunjuk wasit dengan akar Brittany untuk derby ini adalah kesalahan. Pada awalnya ini lucu, namun selama hampir empat tahun berada di Rennes saya tahu bahwa ia memiliki kecenderungan untuk memihak salah satu kubu. Saya tidak tahu apa kecenderungan (Sang wasit) sebelum pertandingan, saya pikir saya mengetahui setelahnya," kata Antonetti dikutip AFP.

Di tempat lain, Bordeaux naik ke peringkat keempat dengan gol yang dibukukan David Bellion dan Ludovic Obraniak, yang membuat mereka menang 2-0 atas Valenciennes.

Fabien Lemoine mencetak gol kemenangan pada menit ke-77 untuk memastikan kemenangan 2-1 Saint Etienne atas tuan rumah Sochaux, setelah Edouard Butin menggagalkan gol di babak pertama Pierre-Emerick Aubameyang untuk tim tamu.

Nemanja Pejcinovic mencetak gol untuk Nice, sedangkan pemain Brest Brahim Ferradji mencetak gol bunuh diri ketika mereka menang 2-0 atas pasukan Claude Puel.

Divock Origi (17) mencetak gol senior pertamanya untuk mengamankan satu angka bagi Lille saat menjamu Troyes, setelah Fabien Camus membuka keunggulan. Pertandingan Bastia melawan Evian berakhir imbang tanpa gol.

Pada Jumat Paris Saint Germain merayakan kedatangan David Beckham ke ibukota Prancis itu dengan menang 4-0 atas tuan rumah Toulouse untuk memperkokoh posisi mereka di puncak klasemen.

Javier Pastore, Zlatan Ibrahimovic, Mamadou Sakho, dan Gregory van der Wiel mencetak gol di Le Stadium ketika pasukan Carlo Ancelotti unggul tiga poin bersih atas Lyon, yang akan melawat ke markas Ajaccio pada Minggu.

Tim peringkat ketiga Marseille menjamu tim juru kunci Nancy pada Minggu malam.

(H-RF/A016)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013