Washington (ANTARA News) - Seorang mantan penembak gelap Angkatan Laut AS yang memperoleh anugerah militer karena membunuh lebih dari 150 gerilyawan di Irak tewas ditembak di satu lapangan tembak di Texas.

Kematian anggota pasukan khusus AS Navy SEAL, Chris Kyle (38), ini dibenarkan oleh FITCO Cares, sebuah yayasan yang didirikannya untuk membantu prajurit-prajurit yang pulang mengatasi gangguan stres pascatrauma (PTSD).

Kyle tewas Sabtu lalu di sebuah lapangan tembak di Glen Rose, Texas, ketika membantu seorang prajurit mengatasi kondisi itu, kata cabang ABC di Dallas, WFAA-TV.  Seorang tetangga Kyle juga tewas.

Seorang tersangka ditangkap dan diidentifikasi bernama Eddie Routh (25) yang ternyata seorang mantan marinir yang diyakini menderita PTSD.

Kyle menjalani empat alih tugas selama berada di Irak dari 1999 hingga 2009 dan menerima sejumlah tanda kehormatan.

Ia menulis sebuah buku laris "American Sniper". Dalam buku itu, dia menceritakan kisahnya sebagai penembak jitu membuat gerilyawan Irak memburunya.

Kyle meninggalkan seorang istri dan dua anak.  Dia telah berjanji melanjutkan pekerjaannya membantu terkena gangguan emosi dan psikologis akibat perang.

(M014) 

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013