Oslo (ANTARA) - Para Menteri Luar Negeri Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) akan mengadakan pertemuan yang bersifat informal di ibu kota Norwegia, Oslo, pada Rabu.

Pertemuan yang berlangsung dua hari itu akan dipimpin oleh Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, dan dibuka dengan konferensi pers pada 14.30 waktu setempat.

Konflik yang sedang berlangsung di Kosovo dan dukungan terhadap Ukraina akan menjadi agenda utama dalam pertemuan para menlu tersebut.

Menurut Stoltenberg, aliansi pimpinannya juga akan membahas persiapan KTT NATO yang akan berlangsung pada 11-12 Juli di Lithuania. Aksesi keanggotaan Swedia ke NATO juga bakal menjadi prioritas dalam perkumpulan itu.

Pertemuan NATO kali ini juga menandai partisipasi kedua Finlandia sejak diterima menjadi anggota ke-31 aliansi militer itu pada April lalu.

Pada Selasa (30/5), Stoltenberg menyerukan agar bentrokan di Kosovo segera berakhir. Konflik tersebut telah menewaskan sedikitnya 30 tentara NATO.

Stoltenberg mengumumkan bahwa 700 tentara tambahan telah dikerahkan ke Kosovo sebagai tanggapan atas konflik yang masih berlangsung antara pasukan penjaga perdamaian NATO dan warga Serbia di Kosovo. 

Dia menambahkan bahwa aliansi tersebut akan menempatkan satu batalion dari pasukan cadangan yang akan siaga sehingga mereka juga dapat dikerahkan jika diperlukan.

Stoltenberg mengatakan bahwa keputusan terkait keanggotaan Swedia ke NATO juga sangat mungkin dilakukan sebelum KTT di Lithuania. Menurut dia, enam pekan sebelum KTT adalah waktu yang cukup panjang untuk mewujudkan keinginan Swedia menjadi anggota NATO.

"Saya juga berhubungan dekat dengan otoritas Turki untuk memastikan Swedia bergabung secepat mungkin," kata Stoltenberg di Twitter.

Swedia telah meresmikan undang-undang anti-teror pada November lalu, dengan harapan Ankara dapat menyetujui usulan Stockholm untuk bergabung dengan NATO.

Undang-undang baru, yang mulai berlaku pada 1 Juni, akan memungkinkan pihak-pihak berwenang untuk mengadili individu-individu yang mendukung kelompok-kelompok teroris.

Sumber: Anadolu
Baca juga: Aksesi Swedia ke NATO bukan syarat penjualan F-16 ke Turki
Baca juga: Swedia targetkan bergabung dengan NATO pada Juli
Baca juga: Swedia harap Turki dapat ratifikasi keanggotaan NATO usai pemilu

 

Penerjemah: Shofi Ayudiana
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023