Surabaya (ANTARA News) - Ganda putri Pia Zebadiah-Rizki Amelia gagal menyumbang poin bagi Jaya Raya setelah dikandaskan pasangan Ayaka Takahashi-Misaki Matsutomo dari Unisys Jepang pada hari kedua kejuaraan Djarum Superliga Badminton 2013 di DBL Arena, Surabaya, Senin.

Pia-Rizki, peringkat 13 dunia, harus mengakui keunggulan lawannya yang merupakan pasangan peringkat enam dunia meskipun sempat memaksa mereka bermain rubber set. Pia-Rizki akhirnya takluk dengan skor 18-21, 21-13, 15-21.

Penampilan Pia-Rizki tampak kurang koordinasi dengan baik. Rizki yang sering melakukan kesalahan sendiri membuat Pia harus lebih kerja keras menjaga pertahanan mereka.

Kekalahan Pia-Rizki menular pada tunggal putri, Busanan Ongbumrungpan yang ditaklukan Shizuka Uchida, pemain yang peringkatnya berada jauh dibawahnya.

Pemain asal Thailand peringkat 18 dunia itu sebenarnya hampir menorehkan kemenangan.

Ia cukup bermain ngotot pada game ketiga yang menjadi babak penentuan. Namun, saat poinnya mulai kritis, dia gagal menjaga permainannya sehingga harus mengakui kekalahannya atas Uchida dengan skor 18-21, 21-8, 20-22.

Dari kekalahan Busanan, dipastikan Jaya Raya kalah atas Unisys. Sebelumnya di partai partama, Minatsu Mitani yang diandalkan Jaya Raya juga gagal mempersembahkan poin setelah dikalahkan Sayaka Takahashi dengan skor 18-21, 13-21. Kekalahan ini cukup mengejutkan karena Mitani, pemain peringkat 10 dunia, ditundukkan dengan mudah oleh pemain peringkat 37 dunia.

"Kami tidak menyangka atas kekalahan ini tetapi sesuai prediksi pertandingan ini tidak gampang, hampir semua tim merata walaupun kita ditempatkan di unggulan pertama," kata pelatih Bambang Supriyanto saat jumpa pers.

Terkait dengan pemain asing yang andalan Jaya Raya yang gagal menyumbangkan kemenangan, Bambang menilai kok yang tidak berstandar internasional kemungkinan menjadi salah satu faktor tidak maksimalnya penampilan mereka.

"Kalau saya lihat tadi seperti itu. Terutama (faktor kok itu) agak berat untuk pemain yang gaya bermainnya bertahan," tambahnya.

Kekalahan telak Jaya Raya digenapkan pemainnya, Adrianti Firdasari yang secara mengejutkan ditaklukan pemain peringkat 203 dunia, Aya Ohori. Pemain peringkat 32 dunia itu dibabat dua set langsung 15-21, 13-21.

Jaya Raya hanya mendapat satu poin dari pasangan Nitya Krishinda-Anneke Feinya yang menang atas Ayane Kurihara-Naru Shinoya dengan skor 21-11, 21-16.

Dari kekalahan telak 1-4 atas Unisys, Jaya Raya akan ditantang Malaysian Tiger di babak selanjutnya, Selasa (5/2) besok.

"Kami akan lebih fokus lagi dan berkoordinasi lagi. Pertandingan besok dan seterusnya sangat penting bagi kami. Jangan sampai sekecil mungkin kami kecolongan karena Malaysia Tiger pemainnya banyak yang muda," jelas Bambang. (M047/D007)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013