kesehatan harus dijaga
Magelang (ANTARA) - Sebanyak 129 calon jamaah haji Kota Magelang yang berangkat ke Tanah Suci supaya dapat menjaga kesehatan diri, kata Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz.

"Ojo ngoyo ibadah terus (jangan dipaksakan ibadah terus), nanti overdosis. Kesehatan harus dijaga," katanya dalam siaran pers yang diterima di Temanggung, Rabu.

Ia berpesan agar para calon haji dapat menjaga kondisi tubuh dengan baik, apalagi terdapat perbedaan cuaca yang sangat drastis dibanding Kota Magelang.

Sebanyak 129 jemaah calon haji asal Kota Magelang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 22.

Aziz mengatakan, menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri bagi para warga bisa berangkat ke Tanah Suci, hal ini sudah menjadi ketetapan Allah.

"Ketetapan itu sudah tertulis oleh Allah sejak ribuan tahun lalu bahwa hari ini jenengan semua berangkat ke Mekkah," katanya.

Baca juga: Satu calon haji asal Jateng dilaporkan meninggal di Tanah Suci
Baca juga: Gubernur Jateng beri semangat calon haji kloter pertama Embarkasi Solo


Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Magelang Sofia Nur menuturkan, para calon haji tersebut bergabung dengan jamaah asal Kabupaten Wonosobo dan Purworejo dengan total 360 jamaah.

"Dari sisi kesehatan, semuanya diperiksa. Memang ada satu calon haji yang masuk rumah sakit, sudah empat hari ini karena trombositnya rendah. Mudah-mudahan bisa berangkat," katanya.

Menurut dia ketika calon haji tersebut dinyatakan sembuh akan diberangkatkan bersama kloter terakhir atau sapu jagat. Namun, jika sampai pemberangkatan terakhir belum sembuh dan tidak memungkinkan berangkat, akan diganti dengan calon haji cadangan. 

Baca juga: Bamsoet imbau jamaah calon haji Indonesia waspadai cuaca panas ekstrem
Baca juga: 22 calhaj masih dirawat inap di KKHI Madinah
Baca juga: Jamaah diminta jaga kesehatan fisik sebelum perjalanan ke Mekkah

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023