Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar menyerukan Pancasila sebagai dasar negara merupakan karya dan milik anak bangsa.

“Saya serukan mari terus jaga asas Pancasila menjadi kebersamaan bahwa Pancasila adalah karya anak bangsa dan Pancasila milik seluruh anak bangsa,” kata Muhaimin dalam keterangan yang diterima di Jakarta.

Hal tersebut disampaikan saat menghadiri sekaligus menjadi Inspektur Apel Kebangsaan dalam rangka Memperingati Hari Lahir Pancasila bersama 20 ribu Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (NU) di Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, Kamis.

Menurut dia, Pancasila disusun para Bapak Bangsa atau The Founding Fathers bukan untuk satu golongan, etnis maupun agama tertentu, melainkan untuk seluruh elemen bangsa tanpa terkecuali.

“Pancasila adalah garda depan seluruh anak bangsa, bukan milik segolongan saja, bukan milik sekelompok saja, tetapi milik seluruh warga bangsa dari seluruh wilayah Tanah Air kita,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa Pancasila sebagai ideologi bangsa berperan besar dalam meneguhkan tekad dan cita-cita yang sama, yakni mewujudkan negeri makmur, adil, dan sentosa.

Muhaimin bersyukur Pancasila sampai saat ini tetap sakti dan menjadi tameng kuat dalam menjaga serta mempersatukan bangsa Indonesia yang beragam secara etnis, ras, golongan, agama maupun budaya.

Baca juga: Ketua DPR ingatkan pentingnya aktualisasi Pancasila pada generasi muda
Baca juga: Ketua DPR bacakan Naskah UUD 1945 di Upacara Hari Lahir Pancasila


Dia menyebut dengan latar belakang keragaman tersebut beserta puluhan ribu pulau yang membentang, bangsa Indonesia tetap bersatu padu, bahu membahu, serta satu jiwa dan tekad menjadi bagian dari NKRI.

“Kita semua alhamdulillah tetap semangat dan terus menjadi bagian dari perjuangan bangsa kita untuk terus setia pada Pancasila, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, dan seluruh panji-panji kehidupan bangsa,” katanya.

Muhaimin menjelaskan bahwa Apel Kebangsaan itu digelar sebagai bagian dari kecintaannya pada para kiai, ulama, dan seluruh pejuang bangsa yang telah menyusun, mempertahankan, dan menjaga Pancasila sehingga menjadi pemersatu bangsa.

Selain diikuti puluhan ribu Kader Penggerak NU, Apel Kebangsaan tersebut turut dihadiri ribuan kader Muslimat NU lainnya.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023