Surabaya (ANTARA) - Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan penghargaan lencana Jer Basuki Mawa Beya kepada seluruh atlet Jawa Timur yang telah berlaga pada SEA Games 2023 Kamboja.

"Untuk seluruh pelatih dan atlet yang membanggakan Indonesia dan Jawa Timur Terima kasih sudah melakukan ikhtiar maksimal terbaik dengan prestasi yang sudah dicapai, yang diharapkan bisa terus membangun semangat saudara-saudara sekalian untuk terus berkarir," ujarnya dalam sambutan penganugerahan lencana kepada atlet Jatim di Surabaya, Kamis.

Selain itu, gubernur wanita pertama di Jawa Timur tersebut, juga menawarkan kepada para atlet yang ingin melanjutkan kuliah di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dengan jalur prestasi.

"Saya bertemu Rektor Unesa, bagi yang ingin melanjutkan kuliah silahkan disiapkan beasiswa cukup untuk para pemenang dan calon pelatih, bahkan untuk S1 sudah tanpa menulis skripsi, tentu diharapkan bahwa ada proses yang dapat diraih antara capaian prestasi olahraga dengan capaian akademik," ucapnya.

Baca juga: Gubernur Khofifah apresiasi perjuangan atlet Jatim di SEA Games 2023

Terlebih, lanjutnya, sport science Indonesia dipusatkan di Unesa, oleh karena itu dirinya berharap agar para atlet dan pelatih manfaatkan pendidikan tersebut untuk kemudian hari.

"Jangan pernah lelah untuk berikhtiar, setelah pada usia tertentu memang sudah harus meninggalkan karier sebagai atlet dan kemudian menjadi pelatih dan seterusnya proses sirkulasi dari capaian-capaian prestasi membutuhkan berbagai upaya," katanya.

Selain itu, orang nomor satu di Pemerintah Provinsi Jawa Timur tersebut juga mengucapkan terima kasih atas prestasi yang diraih atlet Jawa Timur dalam pencapaian di SEA Games Kamboja.

"Kontribusi peroleh emas Jawa Timur untuk Indonesia tertinggi di antara seluruh provinsi di Indonesia, Jatim memberikan kontribusi 25 emas setelah itu ada Jawa Barat 24 emas dan DKI Jakarta 22 emas, jadi saudara-saudara ini luar biasa mengharumkan nama Jawa Timur dan Indonesia. Terima kasih semuanya, sehat terus, sukses dan penuh keberkahan serta kebahagiaan," tuturnya.

Sementara itu, pesepak bola Tim Nasional Indonesia Marselino Ferdinan mengatakan perhatian yang telah diberikan oleh pemerintah merupakan hal yang baik bagi para atlet, karena dapat memotivasi untuk dapat berprestasi terus.

"Terima kasih kepada Bu Gubernur yang telah memperhatikan kami, hal ini yang diharapkan para atlet, karena dapat memotivasi diri untuk terus selalu berprestasi," ucapnya.

Baca juga: KONI Jatim beri beasiswa pendidikan atlet peraih medali SEA Games XXXI

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023