Washington (ANTARA News) - Amerika Serikat (AS) menggerakkan 30 penerbangan untuk mendukung operasi Prancis di Mali, kata Juru Bicara Pertahanan AS pada Senin malam.

"Pada Minggu (3 Februari), pesawat C-17 Angkatan Udara AS menyelesaikan 30 penerbangan mengangkut sekitar 610 personel dan 760 ton peralatan serta perbekalan. Upaya itu dimulai pada 21 Januari," kata Juru Bicara Mayor Rob Firman seperti dikutip AFP.

"Sejak pengisian bahan bakar udara dimulai 27 Januari, Angkatan Udara AS telah menerbangkan sembilan misi dan menyalurkan 360.000 pon bahan bakar untuk pesawat Prancis," tambahnya.

Rincian itu disiarkan setelah Wakil Presiden AS Joe Biden memuji intervensi "tegas" Prancis di Mali pada Senin dan bergabung dengan Presiden Prancis Francois Hollande menyeru pasukan penjaga perdamaian PBB segera dikerahkan ke negara tersebut.

Biden juga memuji "keandalan serta kemampuan" militer Prancis, yang sejak 11 Januari menghantam gerak gerilyawan dari kota-kota utama di bagian utara Mali yang mereka telah sita tahun lalu.

(Uu.H-AK)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013