London (ANTARA) - Dolar jatuh di perdagangan Asia pada Jumat sore, menuju penurunan mingguan terbesar sejak pertengahan Januari karena investor berpandangan bahwa Federal Reserve akan membatalkan kenaikan suku bunga bulan ini, yang akan mengurangi daya tarik greenback bagi pembeli non-AS.

Pengesahan RUU oleh Senat AS untuk menangguhkan plafon utang dan mencegah gagal bayar yang menghancurkan juga menghilangkan pilar dukungan untuk dolar, yang secara paradoks telah menjadi penerima manfaat utama karena status safe-haven-nya.

Dolar Australia melonjak setelah kenaikan upah minimum memicu taruhan bagi bank sentral untuk menaikkan suku bunga lagi minggu depan.

Indeks dolar, yang mengukur mata uang AS terhadap enam lainnya, telah turun hampir 0,8 persen minggu ini, kerugian mingguan terbesar sejak pertengahan Januari. Indeks terakhir turun 0,1 persen.

"Dengan plafon utang sudah jelas, fokus sangat banyak kembali pada bank sentral dan data ekonomi," kata ahli strategi pasar City Index Fiona Cincotta.

“Masalahnya adalah kami benar-benar memiliki pesan yang cukup beragam jadi, ya, baru-baru ini kami memiliki dua pejabat yang menyebutkan jeda pada Juni, tetapi itu tidak mengesampingkan kenaikan nanti di musim panas, atau bahkan pada Juli, jadi saya pikir.harapan itu masih bisa menjaga dolar tetap didukung," katanya.

"Juga, jangan lupa inflasi masih tinggi."

Presiden Fed Philadelphia Patrick Harker mengatakan pada Kamis (1/6/2023) "sudah waktunya untuk setidaknya menekan tombol berhenti untuk satu pertemuan dan melihat bagaimana kelanjutannya", mengacu pada pertemuan 13-14 Juni.

Sehari sebelumnya, Gubernur Fed Philip Jefferson mengatakan "melewatkan kenaikan suku bunga pada pertemuan mendatang akan memungkinkan komite untuk melihat lebih banyak data sebelum membuat keputusan tentang sejauh mana penguatan kebijakan tambahan".

Beberapa pelemahan dalam data manufaktur AS semalam mendukung kasus jeda, meskipun angka pekerjaan terus mencetak panas, menempatkan lebih banyak fokus dari biasanya pada laporan gaji bulanan non-pertanian di kemudian hari.

Pasar uang memperkirakan peluang kenaikan sekitar 29 persen, turun dari hampir 70 persen di awal pekan.

Dolar beringsut ke wilayah positif terhadap yen, setelah mencatat penurunan harian terpanjang terhadap mata uang Jepang sejak November lalu, dengan empat hari penurunan. Dolar terakhir naik 0,1 persen pada 138,89 yen.

Pasangan ini cenderung mengikuti imbal hasil obligasi pemerintah AS jangka panjang AS, yang berada di 3,61 persen setelah jatuh ke level terendah sejak 18 November semalam.

Euro datar di 1,0769 dolar, setelah mencapai tertinggi satu minggu di 1,07685 dolar pada Kamis (1/6/2023), ketika Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde mengatakan pengetatan kebijakan lebih lanjut diperlukan.

Sementara itu, Senat AS mengesahkan RUU untuk menangguhkan plafon utang pemerintah sebesar 31,4 triliun dolar AS pada Kamis (1/6/2023), mempersiapkannya untuk ditandatangani oleh Presiden Joe Biden sebelum tenggat waktu Senin (5/6/2023).

"Ini menghapus sisa terakhir yang terikat pada segala sesuatu yang dilakukan dan dibersihkan pada tanggal-X Senin (5/6/2023)," kata Ray Attrill, kepala strategi valuta asing di National Australia Bank.

"Pada margin, itu bermain dengan butiran pandangan positif yang lebih berisiko di pasar, yang terbukti negatif bagi dolar AS."

Aussie naik 0,68 persen menjadi 0,662 dolar AS, terkuat sejak 24 Mei. Penggerak utamanya adalah pengumuman oleh badan penetapan upah independen Australia bahwa mereka akan menaikkan upah minimum sebesar 5,75 persen mulai 1 Juli.

Pedagang saat ini menempatkan peluang 67 persen bank sentral Australia (RBA) akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin. Bahkan jika kenaikan tidak terjadi minggu depan, pasar memperkirakan kenaikan pada musim gugur.

"Ini telah melihat perkiraan pasar untuk kenaikan RBA secara material," kata Attrill dari NAB. "Itulah mengapa Aussie berkinerja lebih baik hari ini."

Baca juga: Yuan terdongkrak 26 basis poin menjadi 7,0939 terhadap dolar AS
Baca juga: Minyak naik di Asia setelah Kongres setujui RUU plafon utang AS
Baca juga: Wall St ditutup lebih tinggi di tengah optimisme kemajuan plafon utang

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023