Selama Iran terus gagal untuk mengatasi kekhawatiran masyarakat internasional tentang program nuklirnya, AS akan memberlakukan sanksi ketat dan mengintensifkan tekanan ekonomi terhadap rezim Iran."
Washington (ANTARA News) - Amerika Serikat pada Rabu mengenakan sanksi baru terhadap Iran untuk mengakhiri pendapatan minyaknya, mengatakan itu perlu untuk meningkatkan tekanan pada Teheran atas program senjata nuklirnya.

Departemen Keuangan AS mengatakan pihaknya memperketat daftar negara yang diperbolehkan untuk terus membeli minyak Iran tanpa melanggar rezim sanksi AS, lapor AFP.

Mereka masih diperbolehkan untuk membeli minyak Iran namun harus mempertahankan pembayaran mereka di luar Iran, untuk mencegah akses Teheran ke dana-dana, Departemen Keuangan mengatakan.

"Selama Iran terus gagal untuk mengatasi kekhawatiran masyarakat internasional tentang program nuklirnya, AS akan memberlakukan sanksi ketat dan mengintensifkan tekanan ekonomi terhadap rezim Iran," kata pejabat Departemen Keuangan AS David Cohen.

Amerika Serikat juga menempatkan sanksi terhadap Lembaga Penyiaran Republik Islam Iran, otoritas siaran pemerintah, dan ketuanya Ezzatollah Zarghami, untuk sensor dan untuk penyiaran pengakuan paksa tahanan politik. (A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013