Pulau Mansinam sebagai pulau peradaban bagi orang Papua dan sejarah masuknya Injil ke Tanah Papua pada 5 Februari 1855
Manokwari (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat mengusulkan rancangan peraturan daerah khusus (perdasus) tentang pengembangan situs bersejarah di Pulau Mansinam.
 
"Draftnya sedang kita siapkan untuk diusulkan ke pemerintah provinsi," kata Bupati Manokwari Hermus Indou di Manokwari, Sabtu.
 
Ia menjelaskan penataan Pulau Mansinam sebagai pulau peradaban bagi orang Papua dan sejarah masuknya Injil ke Tanah Papua pada 5 Februari 1855, perlu dirumuskan melalui regulasi daerah.
 
Kehadiran regulasi bermaksud agar penataan kawasan Pulau Mansinam lebih terarah, sekaligus mencegah terjadinya konflik kewenangan antara masyarakat adat, gereja, dan pemerintah daerah.
 
"Selama ini aspek regulasi belum ada sehingga Mansinam belum bisa dibangun secara baik," jelas Hermus.

Selain rancangan perdasus, kata dia, pemerintah kabupaten juga sedang menyiapkan revisi rencana detail tata ruang (RDTR) Pulau Mansinam.

Baca juga: Menteri PPPA kunjungi desa ramah perempuan di Pulau Mansinam
 
Setelah rancangan perdasus ditetapkan dan RDTR Pulau Mansinam rampung, maka pembangunan infrastruktur pendukung dapat direalisasikan secara bertahap.
 
"Nanti semua rencana pembangunan diatur dalam rancangan perdasus. Ini penting," tutur Hermus.
 
Ia menjelaskan bahwa keberadaan Pulau Mansinam sebagai pulau peradaban tidak hanya untuk masyarakat Manokwari, melainkan seluruh masyarakat pada enam provinsi di Tanah Papua.
 
Oleh sebab itu, pemerintah daerah berupaya mendapatkan legitimasi dari Pemerintah Pusat terkait status Pulau Mansinam.
 
"Kita akan berusaha mendapatkan pengakuan secara nasional," ucap bupati.
 
Menurut dia, Pulau Mansinam memiliki potensi wisata budaya religi yang memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli daerah (PAD) apabila dikembangkan secara maksimal.
 
Hal ini berkaitan dengan kehadiran peziarah dari seluruh Tanah Papua maupun luar Papua untuk mengikuti perayaan setiap 5 Februari di Pulau Mansinam.
 
"Nanti situs-situs bersejarah lainnya juga kita kembangkan perlahan," ucap Hermus Indou.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin ucapkan selamat HUT Pekabaran Injil di Tanah Papua
Baca juga: Belasan ribu wisatawan hadiri Hari Pekabaran Injil di Pulau Mansinam
 
 

Pewarta: Fransiskus Salu Weking
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023