Manokwari (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Manokwari mengerahkan 278 personel untuk mengamankan perayaan HUT ke-169 Pekabaran Injil di Tanah Papua pada 5 Februari 2024.

"Ada BKO dari Satbrimob Polda Papua Barat 60 personel, dan Direktorat Samapta Polda 30 personel," kata Kepala Bagian Operasi Polresta Manokwari Komisaris Polisi Wisnu Prasetyo di Manokwari, Sabtu.

Selain kepolisian, kata dia, personel dari Kodim 1801 Manokwari dan sejumlah instansi pemerintah daerah setempat turut dilibatkan dalam pengamanan perayaan HUT Pekabaran Injil di Pulau Mansinam, Manokwari.

Ratusan personel nantinya disebar ke sejumlah lokasi yang menjadi fokus pemberangkatan masyarakat mengikuti ibadah seperti Pelabuhan Manokwari, Pelabuhan Marampa, Dermaga Kwawi, Dermaga Pasar Ikan, dan jembatan penyeberangan.

"Kami juga mengantisipasi penggunaan kapal dan perahu supaya tidak melebih kapasitas," ucap Wisnu.

Ia menjelaskan bahwa perayaan HUT Pekabaran Injil tidak hanya diikuti oleh umat Kristen Manokwari, melainkan umat Kristen dari enam provinsi di Tanah Papua.

Informasi yang diterima dari pihak panitia HUT Pekabaran Injil, sebanyak 200 umat telah tiba di Manokwari sejak 2 Februari 2024 dan diperkirakan akan terus berdatangan hingga 5 Februari 2024.

"Saat hari H, ada rombongan dari Biak (Papua) lebih kurang 3 ribu orang. Mereka sewa kapal," kata Wisnu.

Kepolisian dan panitia telah mengimbau ke seluruh komponen masyarakat agar tidak mengenakan atribut partai politik atau kontestasi pemilu ketika mengikuti perayaan HUT ke-169 Pekabaran Injil.

Upaya tersebut bermaksud agar perayaan tidak terkontaminasi dengan kegiatan politik praktis yang menimbulkan ketidaknyamanan umat Kristen.

"Termasuk pelaksanaan pawai budaya hari ini, tidak ada yang pakai atribut partai politik dan mengkonsumsi miras," ucap Wisnu.

Pewarta: Fransiskus Salu Weking
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024