Sentani (ANTARA) - Umat Nasrani di Kabupaten Jayapura, Papua merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-169 Pekabaran Injil (PI) dengan melakukan parade Nusantara.

Parade Nusantara dilaksanakan oleh Jemaat Onomi Felavauw Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Ketua Majelis Jemaat GKI Onomi Felavauw, Pdt Yosef Toisutta di Sentani, Senin, mengatakan kegiatan ini menjadi ajang persatuan beragam budaya suku Nusantara yang ada di jemaatnya.

Baca juga: Jalan di Jayapura lenggang saat libur Pekabaran Injil

“Antusias warga jemaat GKI Onomi dalam memeriahkan Parade Nusantara bisa terlihat dari mereka yang mengenakan pakaian adat masing-masing daerah, dan ada juga yang menampilkan tarian serta puji-pujian,” katanya.

Menurut dia, parade menjadi ajang persatuan beragam budaya suku Nusantara yang ada di Jemaat Onomi Felavauw. Kegiatan ini pertama kali dilaksanakan.

“Pertama kali di Jemaat GKI Onomi Felavauw, karena melihat situasi kondisi dimana kita ada dalam situasi politik, sehingga nuansa Pekabaran Injil tidak nampak, maka dibuatlah parade Nusantara ini,” ujarnya.

Dia menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan supaya suasana Injil itu betul-betul dirasakan, diresapi dan membawa berkat bagi Papua, khususnya Kabupaten Jayapura.

“Yang terpenting dalam suasana politik seperti ini, semua pihak dapat menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas),” katanya.

Dia mengajak di dalam situasi politik mari seluruh lapisan masyarakat untuk dapat menjaga kedamaian di Tanah Papua.

“Dengan perayaan Injil kita tetap menciptakan persatuan dan kesatuan, tetap menjaga Tanah Papua yang telah diberkati oleh Tuhan, khususnya
di Kabupaten Jayapura,” ujarnya.

Baca juga: 278 polisi dikerahkan untuk amankan HUT Pekabaran Injil

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin ucapkan selamat HUT Pekabaran Injil di Tanah Papua


Dalam parade Nusantara peserta secara berurutan berjalan, pertama oleh Komunitas Nafiri Sion (tim terompet), selanjutnya Suku Sentani, Suku Manado, Saireri, Toraja, Flobamora, Batak, Yali, Maluku. Berikutnya jemaat yang tidak mengenakan pakaian adat, dan ditutup oleh mobil yang dibuat berbentuk perahu Injil.

Parade tersebut mengambil rute start dari halaman Gereje Onomi Felavauw, selanjutnya menuju Polsek Sentani Kota, balik menuju Koramil Hawai, dan finis di halaman Gereja Onomi.

Umat Nasrani di Papua setiap 5 Februari memperingati HUT Pekabaran Injil yang dipusatkan di Pulau Mansinam, Manokwari, Papua Barat.

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024