Beijing (ANTARA) - Tiga orang Taikonaut yang mengawaki Shenzhou-15 dan telah menyelesaikan misi luar angkasa selama enam bulan berhasil mendarat dengan selamat di kawasan Gurun Gobi, Daerah Otonomi Mongolia Dalam, China.

Kapsul yang membawa tiga awak Shenzhou-15 mendarat di landasan Dongfeng pada Minggu sekitar pukul 06.37 waktu setempat (05.37 WIB).

Tim medis memastikan ketiga taikonaut itu, yakni Fei Junlong, Deng Qingming, dan Zhang Lu dalam keadaan sehat setelah berhasil melakukan misi pendaratan di bumi.

Sebelum kembali ke bumi, awak Shenzhou-15 menyerahkan kunci Stasiun Luar Angkasa China (CSS) kepada awak Shenzhou-16 di orbitnya pada Jumat (2/6).

Shenzhou-15 menjalankan misi fase terakhir konstruksi CSS yang terdiri dari tiga modul dan tiga pesawat luar angkasa dengan berat total hampir 100 ton.

CSS mulai beroperasi pada akhir tahun 2022 dan memasuki fase aplikasi dan pengembangan baru selama Shenzhou-15 menjalankan misinya.

Wakil Kepala Perancang Sistem Pendaratan Program Luar Angkasa China, Bian Hancheng, mengatakan bahwa sistem pendaratan bergantung pada pelacakan suar pencarian dan penyelamatan yang disambungkan dengan kapsul.

"Metode ini secara internasional sangat sederhana dan handal," ujarnya sebagaimana disiarkan lembaga penyiaran setempat.

Selanjutnya dia memasang sistem pemantauan pada helikopter pencari lokasi pendaratan kapsul yang bisa memberikan instruksi kepada pilot.

"Lalu kami menggunakan lampu, khususnya untuk operasi pada malam hari sehingga sistem kami bisa diandalkan, presisi, dan memiliki kecepatan yang tinggi," ucapnya menambahkan.

Baca juga: China rampungkan seleksi taikonaut baru tahun ini
Baca juga: Taikonaut China berinteraksi dengan pemuda dari negara SCO
Baca juga: Taikonaut Shenzhou-15 rampungkan spacewalk, catat rekor domestik China

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023