Jiuquan, China (ANTARA) - Lebih dari 20 kandidat masuk dalam seleksi akhir taikonaut (astronaut) generasi keempat China, termasuk beberapa kandidat dari Hong Kong dan Makau, demikian diumumkan oleh Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA) dalam konferensi pers pada Rabu (25/10).

Proses seleksi tersebut diluncurkan pada 2022, dengan tujuan memilih 12 hingga 14 taikonaut cadangan. Seleksi akan mencakup berbagai bidang keahlian, seperti pilot pesawat antariksa, insinyur penerbangan, dan spesialis muatan (payload), demikian dilansir Xinhua.

Pada Maret 2023, seleksi taikonaut baru putaran pertama telah rampung, dengan lebih dari 100 kandidat terpilih. Putaran kedua rampung pada Agustus, dan lebih dari 20 kandidat berhasil mencapai seleksi akhir

 
Xinhua


Juru Bicara CMSA Lin Xiqiang mengatakan bahwa posisi pilot pesawat antariksa akan diseleksi dari kalangan pilot yang masih aktif bertugas di angkatan bersenjata. Sementara itu, insinyur penerbangan dan spesialis muatan akan dipilih dari sektor industri terkait, universitas, dan lembaga penelitian ilmiah.

"Untuk kali pertama, posisi spesialis muatan terbuka bagi kandidat dari Hong Kong dan Makau," imbuh Lin.

Menurut Lin, seleksi tersebut akan rampung sebelum akhir tahun ini. Jika lolos seleksi akhir, para kandidat asal Hong Kong dan Makau akan bergabung di pusat penelitian dan pelatihan taikonaut awal tahun depan.

"Mari kita nantikan kabar baik mereka," tutur Lin. 
 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023