Samarinda (ANTARA) - Misman, warga Samarinda, calon penerima anugerah Kalpataru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), tidak bisa hadir ke Jakarta untuk menerima langsung penghargaan tersebut karena faktor kesehatan, sehingga diwakilkan ke instansi terkait.

"Kami telah menerima surat resmi dari Pak Misman tentang kondisi kesehatan beliau, sehingga tidak bisa ke Jakarta, jadi diwakili ke Ibu Dila selaku Kabid Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan DLH," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Samarinda Sam Syaimun di Samarinda, Minggu.

Baca juga: Dua wakil Kaltim kandidat penerima Kalpataru 2023

Jika kondisi fisik Misman fit, seharusnya ia hari ini sudah berada di Jakarta untuk menerima anugerah Kalpataru dari KLHK, yakni anugerah yang diserahkan secara faktual oleh Menteri LHK di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, pada Senin, 5 Juni, bersamaan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Sementara Misman, saat dikunjungi di rumahnya, Minggu, terlihat kondisinya memang kurang fit. Ia perlahan bangkit dari tempat tidurnya kemudian duduk bersila untuk menemui tamu.

"Saya sangat senang menerima Kalpataru walaupun anugerah ini tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Untuk itu, jangan sampai kebahagiaan ini menyusahkan orang lain jika saya memaksakan diri ke Jakarta, lantas saat di perjalanan atau ketika di Jakarta terjadi sesuatu pada saya," katanya.

Baca juga: KLHK verifikasi ke Samarinda untuk nominasi Kalpataru

Kondisi fisik yang ia rasakan saat ini adalah mudah lelah, bahkan akan limbung jika duduk maupun menunggu terlalu lama, apalagi jika capek di perjalanan, ia khawatir tiba-tiba limbung, sehingga hal ini akan menyusahkan orang lain.

Ia menebak hal ini terjadi karena mungkin TBC usus, karena ia pernah periksa ke dokter praktik dan dinyatakan ada TBC usus, selain batu empedu. Sedangkan batu empedu sudah tidak ada masalah karena empedu Misman sudah diangkat melalui operasi.

Sebelumnya telah terbit surat dari KLHK, yakni SK.545/MENLHK/PSKL/PSL.3/5/2023 tanggal 25 Mei 2023 tentang Penerima Penghargaan Kalpataru Tahun 2023.

Baca juga: Pegiat Sungai Samarinda rawat 70 spesies tanaman

Terdapat 10 orang/ kelompok secara nasional yang akan menerima, yakni empat orang penerima Kalpataru kategori Perintis Lingkungan, satu orang kategori Pengabdi Lingkungan, tiga kelompok kategori Penyelamat Lingkungan, dan dua orang kategori Pembina Lingkungan.

Misman adalah salah seorang dari 10 penerima Penghargaan Kalpataru 2023 kategori Perintis Lingkungan. Sejak 2015 hingga kini, ia kerap kampanye tentang pentingnya penghijauan di jalur hijau sungai, kemudian terus menanam pohon di sempadan Sungai Karang Mumus Samarinda.

Baca juga: Inilah penerima penghargaan Kalpataru dan Adipura
Baca juga: Penerima Kalpataru bantah terima bantuan Rp10 juta dari Pemkab Polman

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023