Jakarta (ANTARA) -
Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengapresiasi peran Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia Persatuan Guru Republik Indonesia (IGTKI PGRI) dalam kontribusinya membangun fondasi karakter anak-anak.
 
"Peran mereka patut diapresiasi, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang generasi penerusnya memiliki karakter positif," ujar LaNyalla dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.
 
Hal itu disampaikan LaNyalla dalam Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-73 Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia Persatuan Guru Republik Indonesia (IGTKI PGRI) di Monas, Jakarta, Minggu.

Baca juga: Ketua DPD RI minta pemerintah melindungi hak dan profesi guru PAUD
 
Menurut dia, pendidikan karakter yang meliputi budaya dan perilaku positif memang seharusnya dikenalkan sejak anak usia dini di Taman Kanak-Kanak (TK).
 
Dalam usia TK, anak mulai dikenalkan dengan budaya antre, sopan santun, disiplin waktu, akhlak dasar, dan rasa saling mengasihi, serta kebiasaan berbagi dengan sesama.
 
"Itulah peran luar biasa para guru taman kanak-kanak. Luar biasa karena guru kelas di Taman Kanak-Kanak bertanggung jawab atas semua hal pada anak didiknya," kata LaNyalla.

Baca juga: Ketua DPD RI perjuangkan aspirasi guru honorer Jatim
 
Di sisi lain, LaNyalla menyebut jika merujuk pada peraturan perundang-undangan, tugas dan peran guru TK atau PAUD sama dengan guru pada jalur pendidikan formal lainnya.

Oleh karena itu, kata dia, sudah selayaknya para guru TK mendapatkan status yang setara dengan guru di jenjang pendidikan lainnya.
 
Menurut dia, hal ini penting karena kunci kemajuan dan kemakmuran suatu negara adalah suksesnya pendidikan dalam kualitas dan kuantitas.

Baca juga: Ketua DPD: Tingkatkan kesejahteraan guru honorer dengan APBD
 
"Sudah seharusnya perhatian pemerintah kepada para guru TK dan PAUD juga sama dengan guru-guru di tingkatan dasar dan menengah lainnya," kata LaNyalla.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023