Kota Bogor (ANTARA) - Wali Kota Bogor, Bima Arya menyampaikan rasa bangga dan bersyukur pada helaran Hari Jadi Bogor (HJB) ke-541 dapat dihadiri para tokoh dan pemimpin muda, di antaranya Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil, yang turut merayakan serta menyaksikan suguhan seni budaya yang ditampilkan.

Dalam rangkaian helaran HJB, Minggu, Bima Arya mengajak semua pihak untuk menjaga warisan leluhur yang merupakan peninggalan pusaka dan tidak hanya bangunan maupun fisik, tetapi juga nilai-nilai.

“Kita jaga Kota Bogor agar kebesaran dari Kerajaan Pajajaran di masa Prabu Siliwangi melegenda," katanya.

Baca juga: Pejabat-DPRD Bogor berbusana Sunda di Paripurna Istimewa HJB ke-540

Wali Kota Bogor, Bima Arya bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno serta Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan unsur Forkopimda hadir dalam Hari Jadi Bogor (HJB) ke-541 tahun, Minggu (4/6) pagi.

Pawai helaran dimulai dari Balai Kota menuju panggung utama di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Bogor. Ketiganya bersama unsur pimpinan Forkopimda Kota Bogor menunggangi kuda.

Baca juga: HJB ke-540, Pemkab Bogor musnahkan ribuan botol minuman keras

Ia menyampaikan, Bogor yang beragam, menghargai perbedaan, cinta kepada sesama manusia dan Bogor yang penuh seni budaya. Siapapun wali kota atau pemimpinnya, Kota Bogor akan selalu menjadi kota untuk semua

"Terima kasih untuk kebersamaannya, bangga sekali bersama-sama bergerak membuat Kota Bogor maju dan sejahtera,” kata Bima Arya.

Baca juga: Pemkab Bogor rilis logo HJB ke-540 "Baswara Kastara Loka"

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan, 541 tahun Bogor merupakan usia yang sangat panjang dan mungkin salah satu yang tertua di Jawa Barat. Pesan serupa disampaikan Ridwan Kamil agar semua lapisan di Kota Bogor merawat pusaka–pusaka yang ada.

"Mudah-mudahan terus berlari, berinovasi dan berprestasi. Kita saling mendoakan, mudah-mudah Kota Bogor selalu diberkahi dan dijaga dari marabahaya dan teruslah menjadi kota terbaik se-Indonesia," katanya berharap.

Baca juga: Pemkab Bogor usung tema "Bangkit Bersama" di hari jadi ke-539

Menparekraf, Sandiaga Uno pun mengapresiasi helaran HJB yang diselenggarakan Pemkot Bogor pada tahun ini sebagai dukungan terhadap geliat pariwisata.

"Wilujeung tepang taun ke-541 tahun untuk Kota Bogor. Ini adalah kota wisata favorit, sebanyak 20 persen dari total pergerakan wisatawan Jawa Barat sekitar 100 juta, ada di kota Bogor," ungkapnya.

Baca juga: GOW Bogor gelar "Gowes Cantik" sambut HJB ke-539

Sandiaga melihat masa kepemimpinan Wali Kota Bogor, Bima Arya Kota Bogor luar biasa. Ia berharap merawat pusaka kota yang telah 541 tahun tidak hanya menjadi bagian daripada pariwisata dan ekonomi kreatif, tetapi juga seluruh rajut tenun kebangsaan ini Kota Bogor yang juga dipilih sebagai tempat tinggal bapak Presiden RI, Joko Widodo.

"Saya melihat geliat ekonomi Kota Bogor, luar biasa, banyak peluang dan lapangan kerjanya sangat terbuka," kata Sandiaga Uno.

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023