"Tahun ini Kabupaten Tanah Bumbu menjadi tuan rumah pelaksanaan Rakomwil forum sekretaris daerah seluruh Indonesia (Forsesdasi) Kalimantan Selatan pada 2-4 Juni,"
Batulicin (ANTARA) - Seluruh Sekretaris Daerah (Sekda) se-Kalimantan Selatan sebanyak 13 orang membahas rencana pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 melalui Rapat Komunikasi Wilayah (Rakomwil) di Kabupaten Tanah Bumbu.

"Tahun ini Kabupaten Tanah Bumbu menjadi tuan rumah pelaksanaan Rakomwil forum sekretaris daerah seluruh Indonesia (Forsesdasi) Kalimantan Selatan pada 2-4 Juni," kata Sekretaris Daerah Tanah Bumbu, Ambo Sakka di Batulicin Senin.

Ambo mengatakan Rakomwil kali ini membahas tiga isu penting, yakni kesiapan kabupaten dan kota se-Kalsel untuk menghadapi Pilkada serentak pada 2024.

Selanjutnya, Rakomwil Sekda membahas tentang Peraturan Pemerintah Nomor 49 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja.

Berikutnya, mendiskusikan penyetaraan jabatan dan penyederhanaan Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) dengan harapan Rakomwil menghasilkan rekomendasi terkait tiga isu startegis tersebut.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Kalsel Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Sulkan menuturkan Forsesdasi Kalsel merupakan wadah strategis bagi seluruh Sekda untuk ikut berpartisipasi dalam merumuskan kebijakan nasional.

"Melalui forum ini kita dapat mengidentifikasi apa yang yang dihadapi oleh masing-masing daerah, dan mencari solusi yang terbaik untuk meningkatkan kinerja pemerintah daerah," ucap Sulkan.

Sulkan mengungkapkan Rakomwil tersebut sebagai sarana bagi seluruh pengurus dan anggota Forsesdasi Kalsel untuk saling bertukar pengalaman.

"Sampaikan pandangan, ide, dan pengalaman terbaik untuk kepentingan pembangunan daerah," tutur Sulkan.

Sulkan juga menginginkan forum ini sebagai tempat berdiskusi secara konstruktif demi mencapai hasil yang bermanfaat dan berkelanjutan.

Sulkan menambahkan penting bagi seluruh daerah untuk memastikan bahwa setiap kabupaten/kota mempersiapkan teknis, logistik, maupun pengamanan secara maksimal, guna menjamin kelancaran keberhasilan pelaksanaan Pilkada serentak.

Pewarta: Imam Hanafi/sujud mariono
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023