Batam (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hang Nadim Batam menyebutkan sudah memberangkatkan 16 kelompok terbang (kloter) jamaah haji ke Madinah, Arab Saudi.

Koordinator Media Center Haji (MCH) Embarkasi Hang Nadim Batam Syahbudi di Batam, Senin, mengatakan total jamaah haji dalam 16 kloter tersebut sebanyak 5.928 orang.

"Sampai saat ini sudah 16 kloter haji yang diberangkatkan ke Madinah. Mereka jamaah dari Kepri ada 3 kloter dan 13 kloter jamaah dari Riau," kata Budi.

Saat ini pihaknya sedang melayani keberangkatan jamaah calon haji yang yang tergabung dalam Embarkasi Antara asal Provinsi Riau dan Jambi.

Baca juga: 367 calon haji Riau diberangkatkan ke embarkasi Batam

Baca juga: Embarkasi Batam sarankan JCH lansia tidak turun bus saat ambil miqat


"Alhamdulillah, jamaah Riau sudah selesai keberangkatan tadi malam yang tergabung di kloter 16, tapi nanti di kloter akhir ada lagi sisanya. Kemudian sekarang kami lanjut dengan membantu jamaah Jambi yang juga akan transit di Hang Nadim untuk ke Madinah," ujar dia.

Ia menjelaskan jamaah calon haji akan berada di Madinah selama 8 hari untuk fokus melaksanakan shalat 40 waktu atau arbain dan berziarah ke 4 lokasi yang telah dijadwalkan.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, menyarankan jamaah calon haji lansia dan jamaah yang sedang dalam kondisi kurang sehat untuk tidak turun dari bus saat mengambil miqat.

Koordinator Media Center Haji (MCH) Embarkasi Hang Nadim Batam Syahbudi di Batam, Jumat, mengatakan jamaah calon haji bisa mengambil miqat di atas kendaraan saat tiba di Bir Ali.

"Bahkan jika lupa niat di bus waktu di Bir Ali, maka selama masih di wilayah Dzilhulaifah boleh niat,” kata Syahbudi.*

Baca juga: Jamaah calon haji kloter 1 Embarkasi Batam diberangkatkan ke Mekkah

Baca juga: 2.929 calon haji Embarkasi Batam sudah diberangkatkan ke Madinah


Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023