Terdapat 41 desa wisata yang masuk dalam 500 besar ADWI 2023
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi Desa Wisata Sidowarno, Klaten, Jawa Tengah masuk 75 besar desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 mengangkat wayang kulit sebagai daya tarik utama.
 
“Terdapat 41 desa wisata yang masuk dalam 500 besar ADWI 2023. Ini ada salah satu yang tertinggi diantara provinsi-provinsi lain di Indonesia,” ujar Sandiaga dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin.
 
Menparekraf menjelaskan desa wisata ini memiliki peninggalan sejarah berupa wayang kulit dengan ciri khas terbuat dari kulit kerbau. Wayang kulit menjadi simbol budaya dan merupakan bagian dari 10 warisan budaya Indonesia yang diakui oleh dunia.

Baca juga: Wamenparekraf sebut 3 hal dalam memajukan desa wisata
 
Wayang kulit, lanjut dia, telah ditetapkan sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan di bidang cerita narasi, serta warisan budaya yang indah dan berharga (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO sejak 7 November 2003.
 
Karenanya, hal tersebut perlu dikembangkan agar ekonomi masyarakat bangkit, meskipun wayang sudah diakui UNESCO sebagai warisan budaya, ia berharap Desa Wisata Sidowarno sebagai desa wisata unggulan, kunjungan wisatawan semakin meningkat dan bisa menyejahterakan masyarakat.
 
Ia turut menambahkan, nilai budaya lokal yang masih melekat kuat di kalangan masyarakat menjadi nilai tambah desa wisata.
 
Budaya yang unik dan ramah juga menjadikan minat masyarakat luar untuk belajar, menikmati, bahkan meniru kian meningkat. Banyaknya wisatawan yang berkunjung itu akan memantik masyarakat lokal untuk mengemas budaya yang ada menjadi daya tarik wisata.
 
“Upaya pemerintah mempromosikan wayang salah satunya dengan digitalisasi. Kami juga terus berdiplomasi secara internasional bahwa wayang ini punya kearifan cerita yang bisa dikembangkan, sehingga wayang punya kearifan yang bisa dikemas dalam konten yang menarik,” ujarnya.

Baca juga: Kemenparekraf jaring minat wisatawan lewat desa wisata tematik

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023