Tim ITS berhasil menyabet enam penghargaan sekaligus dari tujuh robot yang dilombakan di ajang Kontes Robot Indonesia
Surabaya (ANTARA) - Tim Robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menyabet enam penghargaan dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) 2023 yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) secara daring beberapa waktu lalu.

"Tim ITS berhasil menyabet enam penghargaan sekaligus dari tujuh robot yang dilombakan di ajang Kontes Robot Indonesia," kata Koordinator Tim Robotika ITS sekaligus Pembina Tim Ichiro ITS Muhtadin di Surabaya, Jawa Timur, Senin.

Enam penghargaan itu adalah Juara 1 Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid oleh Tim Ichiro, Juara 1 Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) oleh Tim Vi-Rose, Juara 1 Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI) oleh Tim Banyubramanta, dan Juara 1 Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) oleh Tim Risen.

Kemudian disusul Tim Rival yang memperoleh Juara 2 Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) serta Juara 2 Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda oleh Tim Iris.

Baca juga: Tim Robot Bayucaraka ITS raih tiga juara di Singapura

Muhtadin mengatakan Tim ITS telah mempersiapkan robot sejak tiga bulan sebelumnya. Ia mengatakan Tim Robotika ITS telah melalui banyak proses perlombaan mulai dari seleksi proposal, evaluasi penilaian dan laporan, dilanjutkan dengan visitasi secara daring oleh juri sebelum melaksanakan perlombaan.

Tantangan terbesar Tim Robotika ITS selama kompetisi, kata dia, terkait evaluasi dari beragam hambatan di tahun sebelumnya yang harus dieksekusi pada tahun ini.

Tiap tim merasakan kendala yang berbeda-beda, terutama pengembangan pada robot di kategori KRAI, dimana terdapat inovasi berupa ring yang harus dilemparkan oleh robot dengan sasaran sebuah tiang.

"Sehingga kami melakukan berbagai variasi percobaan untuk menemukan metode yang tepat," katanya. 

Dengan prestasi di KRI Wilayah II 2023, menurut Muhtadin, Tim Robotika ITS berhak berlaga dalam ajang KRI 2023 tingkat nasional yang akan diselenggarakan secara luring di Universitas Semarang (USM) pada  21 – 26 Juni 2023.

Baca juga: Bayucaraka ITS luncurkan robot baru berlaga di "SAFMC 2023"
Baca juga: ITS juara umum Kontes Robot Indonesia 2020

 

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023