Jakarta (ANTARA) - Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) lintas angkatan dari tahun 1969, yang tergabung dalam Keluarga Besar Alumni ITS Pro Perubahan, mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) di Pilpres 2024.

Deklarasi dukungan tersebut dibacakan langsung oleh Rustam Effendy, alumni ITS paling senior dari angkatan tahun 1969, di markas Timnas AMIN di Jakarta, Sabtu.

"Saya (alumni) angkatan 1969. Kami berkumpul di sini dan bekerja di berbagai bidang, dengan satu tekad untuk memenangkan pasangan calon nomor urut 1 Anies-Muhaimin. Semoga beliau berdua diridai Allah Swt," kata Rustam berdasarkan keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Rustam menyampaikan bahwa Keluarga Besar Alumni ITS Pro Perubahan mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengawal pemilu yang bersih, jujur, dan adil; serta menegakkan kembali demokrasi dan kebebasan berpendapat di Tanah Air.

Baca juga: Guz Jazil: Kentongan gratis dibagikan saat kampanye akbar AMIN di JIS

Selanjutnya, naskah deklarasi Keluarga Besar Alumni ITS Pro Perubahan diserahkan langsung kepada Executive Co-Captain Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN, Sudirman Said.

Alumni ITS lintas angkatan tersebut hadir dalam deklarasi itu. Selain Rustam, beberapa tokoh senior alumni ITS turut hadir, antara lain Muhadjir Manan, Lukman Mahfoedz, Harun Al Rasyid, Hanif Jauhari, dan Gunaris.

Sementara itu, Sudirman Said berterima kasih dan mengapresiasi Keluarga Besar Alumni ITS Pro Perubahan yang bertekad untuk memenangkan AMIN di Pilpres 2024.

Dia berharap dukungan tersebut bisa menjadi energi tambahan di menit-menit terakhir menjelang hari pemungutan suara pada 14 Februari mendatang.

Ibarat permainan sepak bola, kata Sudirman, energi "pemain" memang sedang turun di menit-menit terakhir, namun kemudian mendapat energi tambahan dari Keluarga Besar Alumni ITS Pro Perubahan.

Baca juga: Timnas AMIN: Pendukung siap jalan kaki hadiri kampanye di JIS

"Makin hari, makin banyak dukungan. Dengan kedatangan alumni ITS, maka hasil apa pun pada 14 Februari, insyaallah, AMIN menang. Sehingga, kekuatan wibawa negara makin solid, karena didukung ilmu pengetahuan, etika, kebijaksanaan, kebijakan, dan gagasan," ujar Sudirman.

Dia akan menyampaikan naskah deklarasi tersebut kepada Anies dan Muhaimin.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Timnas pastikan kampanye akbar terakhir AMIN di JIS sesuai jadwal

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024