Jakarta (ANTARA) - Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) membentuk satuan tugas pengelolaan saksi untuk Pemilu 2024.

"Ini merupakan kesepakatan dalam rapat pleno Timnas AMIN dalam merespon kebutuhan saksi," kata co-captain Timnas AMIN Sudirman Said dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa.

Sudirman menjelaskan dirinya dipercayakan sebagai ketua pengarah, bersama sekretais jenderal tiga partai pengusung yakni Hermawi Taslim, Aboe Bakar Alhabsyi dan Hasanuddin Wahid. Selain itu, Sekjen Timnas AMIN Saan Mustopa, Ketua Tim Hukum Nasional AMIN Ari Yusuf Amir dan para co-captain Timnas AMIN.

"Ketua Pelaksana Bapak Tamsil Linrung dibantu para koordinator dan ketua umum simpul relawan," katanya.

Lanjut dia, terkait koordinasi penentuan saksi, Sudirman menyatakan yang mengeluarkan mandat Tim Pemenangan Daerah (TPD) AMIN. TPD akan merekrut, menyeleksi, dan memberikan mandat kepada saksi. Dari tiga partai pengusung, pihaknya sudah memiliki kriteria, partai mana yang menang terbanyak di suatu daerah akan menjadi penanggung jawab.

Dia menegaskan kepada publik, bahwa Timnas AMIN seluruh sumber daya dan kemampuan yang dimiliki untuk menghadapi Pemilu 2024. Bahkan kata dia, sebagian besar dukungan itu diberikan oleh rakyat Indonesia.

"Kami siap menghadapi pemilu, siap bertanding secara sportif dan punya harapan besar, bahwa penyelenggara akan bersikap netral, profesional, sehingga kita memperoleh hasil pemilu yang bermartabat," katanya menegaskan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Anies sebut Yogyakarta kota rujukan pembangunan kualitas manusia

Baca juga: Garda Matahari gelar bimtek 150 saksi pasangan Anies-Muhaimin

Pewarta: Fauzi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024