London (ANTARA News) - Jack Wilshere menegaskan masih banyak yang dapat diberikannya, setelah gelandang Arsenal itu memperlihatkan tanda-tanda dirinya kembali ke kemampuan terbaiknya saat membantu Inggris meraih kemenangan atas Brazil pada pertandingan persahabatan tengah pekan.

Penampilan Wilshere saat Inggris menang 2-1 di Wembley pada Rabu - kemenangan pertama Inggris dari juara dunia lima kali Brazil selama 23 tahun - membuatnya mendapat banyak pujian dari rekan-rekan setim serta para pengamat sepak bola.

Sekarang gelandang 21 tahun itu akan berupaya untuk membantu Arsenal membawa pulang tiga angka saat melawan Sunderland di Stadium of Light pada Sabtu, di saat tim tamu ingin merebut posisi di empat besar Liga Utama Inggris.

Wilshere menepi selama 17 bulan karena cedera lutut dan pergelangan kaki, namun sejak kembali bermain pada November ia telah membuat dirinya menjadi pemain Arsenal yang paling menentukan.

The Times menyebut Wilshere "lebih Brazil daripada para pemain Brazil" setelah penampilan terakhirnya bersama timnas Inggris, namun ia bersikap rendah hati dengan menyebutkan masih ada ruang untuk berkembang.

"Saya merasa penampilan saya membaik dan semakin baik," ucapnya. "Saya tidak pernah bahagia dengan di mana saya berada. Saya selalu berusaha untuk berkembang dan bekerja keras saat latihan."

"Saya selalu ingin menjaga penampilan saya baik untuk klub saya, dan kemudian kapan pun saya dipanggil untuk Inggris."

Penampilan Theo Walcott saat melawan Brazil juga akan menggembirakan pelatih Arsenal Arsene Wenger, ketika timnya ingin mendekatkan selisih empat angka dengan tim peringkat keempat Tottenham Hotspur.

Namun ketika Wilshere dan Walcott memberikan janji-janji manis di lini depan, prioritas darurat sang pelatih adalah pertahanan, di mana bek tengah Laurent Koscielny menderita masalah betis saat memperkuat Prancis melawan Jerman di pertandingan persahabatan, dan kapten Thomas Vermaelen masih diganggu masalah pergelangan kaki.

Sebastien Squillaci dan pemain muda Ignasi Miguel siap untuk bermitra dengan Per Mertesacker di jantung pertahanan, sedangkan Nacho Monreal akan kembali menggantikan Kieran Gibbs yang cedera.

Walau demikian, Vermaelen yakin pasukan Wenger mulai menemukan permainan terbaik mereka. "Anda dapat melihatnya dari awal musim," kata pemain internasional Belgia itu kepada situs resmi Arsenal.

"Tim ini memiliki banyak potensi. Ini adalah kasus di mana semua orang tetap bugar."

Ia menambahkan, "Pertandingan tandnag melawan Sunderland selalu merupakan pertandingan berat. Saya pikir kami melakukannya dengan baik di pertandingan pertama musim ini saat menjamu Sunderland. Kami tidak dapat mencetak gol, namun kami merupakan tim yang lebih baik dan memiliki peluang-peluang yang lebih baik."

Setelah mengalahkan juara bertahan Manchester City dan bermain imbang dengan Liverpool di kandang pada musim ini, Sunderland yakin mereka dapat meneruskan rekor impresif mereka di Stadium of Light melawan tim-tim elit Liga Utama Inggris.

Tim papan tengan Kucing Hitam berniat bangkit menyusul kekalahan di markas Reading pada pekan lalu, dan gelandang Inggris mereka Adam Johnson berkata, "Kami telah mengalahkan City di kandang pada musim ini, dan kami mendapat sepasang hasil bagus dan penampilan bagus saat menghadapi tim-tim papan atas."

"Ketika Anda bermain melawan tim-tim papan atas, yang sering terjadi adalah para pemain mengembangkan permainan mereka sebab jika tidak, Anda tahu tim-tim ini akan menghukum Anda. Anda tidak boleh kehilangan konsentrasi sedetik pun."

Sunderland menyingkirkan klub London Utara itu dari Piala FA di Wearside pada musim lalu, dan pasukan Martin O`Neill akan berusaha mengeksploitasi insting menyerang tim tamu sambil berharap dapat meraih kemenangan di depan 40.000 lebih pendukung mereka, demikian AFP melaporkan.

(SYS/H-RF)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013