... menyebar sayembara seharga 40.000 dolar Amerika Serikat... "
Washington (ANTARA News) - Ibu Negara Amerika Serikat, Michelle Obama, Rabu, akan menghadiri pemakaman seorang gadis berusia 15 tahun yang tewas ditembak di Chicago. Delapan hari sebelum ditembak, gadis itu tampil sebagai mayoret marching band sekolahnya dalam pelantikan Presiden Barack Obama.

Nama gadis itu adalah Hadiya Pendleton, tewas ditembak pada 29 Januari saat ia dan teman-temannya berteduh di satu kanopi di taman Chicago.

Chicago dalam beberapa waktu terakhir telah diganggu sejumlah aksi kekerasan bersenjata; dan pembunuhan Pendleton menjadi dasar bagi pendukung kontrol senjata menyerukan kontrol senjata yang lebih kuat.

Polisi Chicago bahkan menyebar sayembara seharga 40.000 dolar Amerika Serikat untuk informasi yang mengarah pada pembunuhnya.

Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan, Michelle akan hadir di pemakaman itu didampingi penasihat senior Gedung Putih, Valerie Jarrett, dan Menteri Pendidikan Amerika Serikat, Arne Duncan.

Michelle tidak dijadwalkan berbicara dalam upacara itu. Sebelumnya Obama telah mengusulkan serangkaian rekomendasi pengetatan kepemilikan senjata api setelah peristiwa penembakan Desember lalu yang menewaskan 20 siswa dan enam guru di sebuah sekolah dasar di Newtown, Connecticut.

(G003/F001)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013