MPR berharap agar Indonesia harus terus meningkatkan inovasi dalam pemasaran wisata halal
Jakarta (ANTARA) -
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengapresiasi pencapaian Indonesia yang meraih peringkat pertama dalam Global Muslim Travel Index (GMTI) 2023, sekaligus mendapatkan penghargaan Top Muslim Travel Destination of The Year dari Mastercard Crescent Rating.
 
Bamsoet dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Selasa juga mengapresiasi Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) bersama Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia (PPHI) yang meraih penghargaan Stakeholder Awareness Campaign of The Year.
 
"Mengapresiasi pencapaian Indonesia meraih peringkat pertama dalam GMTI 2023, sekaligus mendapatkan penghargaan Top Muslim Travel Destination of The Year untuk Indonesia, dan award Stakeholder Awareness Campaign of The Year yang diraih oleh KNEKS bersama PPHI," ujarnya.
 
Bamsoet mengatakan bahwa MPR berharap agar Indonesia tidak berpuas diri dengan pencapaian tersebut. Menurutnya, Indonesia harus terus meningkatkan inovasi dalam pemasaran wisata halal.
 
Oleh karena itu, Bamsoet meminta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk terus melakukan upaya dalam mempertahankan dan menciptakan pertumbuhan ekonomi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Baca juga: Ketua MPR RI minta Kemenkeu tingkatkan pendapatan negara melalui pajak
 
"Di antaranya pembukaan lebih banyak lapangan kerja dan pertumbuhan UMKM melalui industri halal. Pasalnya, saat ini berbagai negara sedang berlomba-lomba mengembangkan wisata halal, termasuk negara non-Muslim," kata dia.
 
Ia menambahkan, pemerintah dan pihak terkait perlu berkomitmen untuk mempertahankan prestasi yang dicapai Indonesia sebagai destinasi wisata halal terbaik di dunia versi GMTI ini.
 
Hal itu, kata dia, dilakukan dengan mendorong sertifikasi halal, meningkatkan kompetensi sumber daya manusia, memastikan infrastruktur, dukungan teknologi informasi dan regulasi yang bertaraf internasional, dan membangun jaringan platform.
 
"Memperkuat integrasi paket wisata, meningkatkan kesadaran dan kecintaan terhadap produk halal, melindungi hak cipta, hingga menginisiasi inovasi produk berorientasi ekspor agar mendapat pengakuan internasional terhadap konten lokal keislaman Indonesia," tambah Bamsoet.

Baca juga: Bamsoet sebut Alumni Connect PPI Dunia jadi wadah diskusi isu penting
Baca juga: Indonesia raih peringkat pertama Global Muslim Travel Index

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023