Manado (ANTARA) - Prajurit Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) Manado melaksanakan latihan kebaharian dalam rangkaian Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan Tingkat II (P2).

Komandan Lanudal Manado Letkol Laut (P) Tatang Yanuar Ristanto, di Manado, Selasa, mengatakan latihan terus dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan prajurit.

"Pada Glagaspur ini melaksanakan beberapa materi latihan, kali ini para Prajurit Lanudal Manado melaksanakan latihan Kebaharian yang meliputi komunikasi semafor simpul tali temali dan peluit khas TNI Angkatan Laut," katanya.

Dia mengatakan Glagaspur P2 ini merupakan kemampuan dasar prajurit matra Laut yang harus terus diasah untuk meningkatkan tingkat kesiapsiagaan pangkalan.

"Sasarannya yaitu terwujudnya standardisasi kemampuan personel dan satuan yang profesional guna mendukung tugas pokok dan fungsi TNI Angkatan Laut," kata Tatang.

Selain latihan kebaharian, pada Glagaspur ini terdapat juga sejumlah materi dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan, keterampilan dan profesionalisme prajurit, seperti bongkar pasang senjata, sikap dan teknik menembak dasar perorangan.

Kemudian peraturan penghormatan militer, peraturan baris-berbaris, peraturan disiplin militer, peraturan dinas garnizun, peraturan dinas dalam dan tata upacara militer, penanggulangan bahaya kebakaran.

Serta penindakan huru-hara (PHH), pertahanan pangkalan, evakuasi medis udara dan renang militer.

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023