Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendongkrak potensi industri berbagai lokus, baik di pesantren, daerah 3T, serta daerah lain, termasuk di Kabupaten Jayawijaya, yang memiliki potensi pangan olahan hasil pertanian dan perkebunan yang dapat dimanfaatkan  wirausaha IKM.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita dalam keterangan di Jakarta, Selasa, mengungkapkan komoditas pangan olahan hasil pertanian dan perkebunan itu meliputi ubi jalar, jagung, kacang tanah, buah merah, jeruk, nanas, pisang hingga biji kopi.

“Sebagian besar industri terpusat di distrik Wamena. Ini potensi besar yang bisa dikembangkan sehingga nantinya IKM di Wamena bahkan Jayawijaya bisa menghasilkan produk yang memiliki nilai tambah tinggi dengan didukung oleh ketersediaan bahan baku lokal serta kearifan budaya nasional,” katanya.

Untuk memberikan wawasan dan menumbuhkan pelaku wirausaha dengan memanfaatkan potensi pada setiap daerah, Kemenperin pun telah menggelar rangkaian seminar meliputi tema terkait industri kecil menengah (IKM) pangan lokal, IKM sandang dan kerajinan berbasis kearifan lokal.

Selanjutnya penguatan integrasi pasar lewat pemasaran digital, standar pemenuhan keamanan pangan bagi wirausaha baru hingga pemanfaatan e-commerce dan media sosial sebagai sarana promosi.

Direktur Industri Aneka dan IKM Kimia Sandang dan Kerajinan Ni Nyoman Ambareny mengungkapkan, Kabupaten Jayawijaya juga menyimpan potensi pengembangan IKM komoditi sandang dan kerajinan berbasis budaya lokal.

Perkembangan IKM sandang terlihat dari bertumbuhnya wirausaha batik khas Papua dan beragam pakaian adat.

Ada pula kerajinan noken yang merupakan tas anyaman dari bahan kulit kayu atau akar rotan, yang telah digunakan turun temurun sampai saat ini.

Kendati demikian, lanjut Ambareny, ia menemukan masih terdapat beberapa keterbatasan pengetahuan wirausaha baru dalam memulai usahanya.

“Tantangan bagi umumnya terkait perizinan usaha, perizinan edar produk, komoditas potensi daerah yang dapat dimanfaatkan, akses modalitas, sampai mengenai pemasaran khususnya melalui digital marketing,” ucap Ambareny.

Oleh sebab itu, Ditjen IKMA terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah, khususnya dinas yang melakukan pembinaan industri, untuk terus meningkatkan kemampuan pelaku IKM.

Ditjen IKMA juga tak henti menggelar program peningkatan daya saing untuk pelaku IKM yang telah berjalan bisnisnya maupun wirausaha baru.
Di antaranya berupa bimbingan teknis dan pendampingan, fasilitas pameran dalam dan luar negeri, layanan klinik kemasan, fasilitasi HKI.

Lalu fasilitasi mesin dan peralatan, restrukturisasi, program e-Smart IKM, sertifikasi profesi SKKNI, fasilitasi sertifikasi produk SNI, inkubator bisnis, serta kompetisi startup.

“Kemenperin berupaya meningkatkan kemampuan SDM IKM untuk menghasilkan produk yang berdaya saing dan pengetahuan dalam pemasaran melalui digital marketing terus bertambah. Semoga pendampingan ini juga bisa memberikan wawasan tentang pengemasan produk pangan yang menarik, higienis, dan bersertifikasi halal,” tutur Ambareny.

Baca juga: Kemenperin sinergi dengan pemerintah daerah tingkatkan daya saing IKM

Baca juga: Kemenperin: Produk kerajinan fesyen harus mendongkrak inovasi

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023