Kami juga akan meningkatkan agenda kepariwisataan yang ada saat ini menjadi kelas internasional.
Belitung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyiapkan agenda pariwisata berkelas internasional guna meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke daerah ini.

"Kami sudah menyiapkan sejumlah kegiatan kepariwisataan berkelas internasional untuk mendatangkan wisatawan ke Belitung," kata Bupati Belitung Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, penyusunan kegiatan pariwisata berkelas internasional tersebut dilakukan sebagai syarat agar dapat dibukanya kembali penerbangan internasional di Belitung.

Ia mengatakan, berdasarkan saran dan masukan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam kunjungan ke Belitung beberapa hari lalu, meminta agar pemerintah daerah dapat menyiapkan acara pariwisata berkelas internasional.

"Nanti Bapak Menparekraf akan membantu pemerintah daerah dalam mengurus izin pembukaan kembali rute penerbangan internasional di Belitung asalkan ada event internasional bisa tiga atau empat kali dalam setahun," ujarnya pula.

Sahani menambahkan, agenda kepariwisataan tersebut disusun dalam beberapa kategori, baik olahraga, musik, budaya, sejarah dan lain sebagainya.

"Kami juga akan meningkatkan agenda kepariwisataan yang ada saat ini menjadi kelas internasional," katanya lagi.

Dia menambahkan, saat ini Belitung juga sering dipilih dan sebagai tuan rumah lokasi penyelenggaraan kegiatan meeting, incentive, convention, dan exhibition (MICE).

"Salah satunya adalah pelaksanaan ASEAN Blue Economy Forum pada awal Juli mendatang," ujarnya.

Dia berharap, upaya ini sebagai jalan untuk dibukanya kembali rute penerbangan internasional di Belitung.

"Kami memang sangat berharap penerbangan internasional di Belitung dapat dibuka kembali, sehingga mendatangkan wisatawan mancanegara lebih ramai ke Belitung," katanya pula.
Baca juga: Masyarakat desa wisata kreatif Terong antusias menyambut Menparekraf
Baca juga: Menparekraf harap Pesona Belitung pemantik penerbangan internasional

Pewarta: Kasmono
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023