Selamat untuk Surakarta dan Depok. Selamat menyiapkan diri untuk bergabung memasuki Jejaring Kota Kreatif UNESCO.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menetapkan dua kabupaten/kota dari dua bidang kreatif yang berbeda untuk diusulkan dalam daftar nominasi UNESCO Creative Cities Network” (UCCN) Tahun 2023.
 
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa, menyampaikan dua kabupaten/kota tersebut, yakni Kota Surakarta dengan bidang kreatif kerajinan tangan dan kesenian rakyat serta Kota Depok dengan bidang kreatif seni media.
 
“Selamat untuk Surakarta dan Depok. Selamat menyiapkan diri untuk bergabung memasuki Jejaring Kota Kreatif UNESCO. Mudah-mudahan ini bisa meningkatkan kreativitas dan ekosistem ekonomi kreatif di kota dan kabupaten di Indonesia,” kata Sandiaga.
 
Terpilihnya Kota Surakarta dan Kota Depok sebagai kandidat UCCN periode 2023, menurutnya, dinilai paling memenuhi kriteria dari 19 indikator penilaian yang telah ditetapkan oleh UNESCO.
 
Adapun Indonesia sudah memiliki empat kota yang mendapat predikat UCCN, yaitu Pekalongan sebagai kota kerajinan tangan dan kesenian rakyat, Bandung sebagai kota desain, Ambon sebagai kota musik, dan Jakarta sebagai kota literasi.
 
Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) Itje Chodijah menekankan partisipasi aktif kabupaten/kota dalam jaringan Kota Kreatif UNESCO bukanlah sebuah kompetisi atau perlombaan, melainkan sebagai media untuk berjejaring, membangun komunitas dengan kota-kota sejenis di negara-negara lain di dunia.
 
Tentu banyak manfaat yang diperoleh ketika sudah menjadi bagian dari UCCN seperti saling bertukar pikiran dan berbagi praktik terbaik.
 
“UCCN atau menjadi kota kreatif dunia bukan untuk etalase, tetapi untuk kesejahteraan masyarakat di kota tersebut dan untuk menjamin bahwa tujuan-tujuan pembangunan dan kehidupan berkelanjutan terjadi di kota tersebut,” kata Itje.
 
Lebih lanjut, Pelaksana Tugas Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Frans Teguh menambahkan, pengumuman dua nominasi ini adalah sebuah capaian bersama dan apresiasi untuk kabupaten/kota kreatif di Indonesia.
 
“Kita semakin percaya diri bahwa kabupaten/kota kita itu mempunyai nilai yang sangat tinggi, sehingga kita bisa lebih yakin bahwa kita bisa masuk dalam lanskap global," ujarnya pula.
Baca juga: AMO paparkan capaian Ambon kota musik dunia sebagai anggota UCCN
Baca juga: Dokumen UCCN dipaparkan Bupati Ponorogo kepada Kemenparekraf

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023