London (ANTARA News) - Manchester United, Bayern Munich dan Barcelona mengokohkan posisi dominannya pada puncak klasemen liganya masing-masing setelah menang pada pertandingan terakhir mereka baru-baru ini.

INGGRIS
Manchester United angkuh membungkam Everton 2-0, dalam pertandingan semalam, untuk membuat mereka unggul 12 poin di puncak klasemen dari Manchester City yang secara mengejutkan ditumbangkan Southampton 1-3 pada laga Sabtu lalu.

Ryan Giggs dan Robin van Persie langsung menggebrak di babak pertama dengan gol-golnya untuk United yang tengah memburu gelar juara liga ke-20 dengan cuma 12 laga lagi tertinggal.

City tertinggal 2-0 dari Southampton yang lagi berjuang di zona degradasi namun Edin Dzeko memperkecilnya dengan satu gol menjelang turun minum, namun gol bunuh diri Gareth Barry membuat tuan rumah Southampton unggul lagi 2 gol bersih, 3-1.

Peringkat ketiga Chelsea mengalahkan Wigan Athletic 4-1 sehingga memperlonggar tekanan kepada manajer sementara Rafa Benitez, sedangkan Tottenham Hotspur dan Arsenal juga menang sehingga tetap berada di jalur perburuan tempat Liga Champions.

Southampton menjauh empat poin dari zona degradasi, sedangkan Aston Villa naik dari dasar klasemen setelah meraih tiga poin menyusul kemenangan atas West Ham United 2-1. Queens Park Rangers masih berada di jurang klasemen setelah kalah 1-4 dari Swansea City.

SPANYOL
Barcelona juga kini berselisih 12 poin di puncak klasemen setelah menghancurkan Getafe 6-1 di Nou Camp tadi malam, sedangkan peringkat dua Atletico Madrid dikalahkan Rayo Vallecano 1-2.

Penyerang Barca Lionel Messi mencetak gol ke-35 pada musim ini, sedangkan Alexis Sanchez dan David Villa yang jarang menjadi starter masing-masing mencetak satu gol.

Sementara selisih poin Atletico dari peringkat tiga Real Madrid memendek menjadi empat poin setelah si juara liga Spanyol musim lalu ini menjungkalkan tamunya Sevilla 4-1 Sabtu pekan lalu.

Penyerang Real Cristiano Ronaldo yang dipersiapkan untuk menghadapi laga Liga Champions Rabu ini untuk menghadapi bekas klubnya Manchester United pada babak 16 Besar, mencetak hat-trick dan sekali assist.

Malaga mencengkeram di posisi empat setelah menang 2-1 dari Levante Sabtu lalu. Pada laga ini playmaker harapan Spanyol Isco mencetak dua gol.  Pemain ini memulai debutnya untuk Spanyol ketika melawan Uruguay dalam pertandingan persahabatan yang berkesudahan 3-1 untuk Spanyol.

JERMAN
Pemuncak klasemen Bayern Munich melesat untuk memburu gelar juara Bundesliga pertamanya sejak 2010 setelah menghancurkan Schalke 04 dengan skor 4-0 untuk menjauhkan perbedaan poin menjadi 15 dari para penguntitnya.

Bek kiri David Alaba mencetak satu gol, Bastian Schweinsteiger satu gol dari tendangan bebas yang sensasional, Mario Gomez juga satu gol, dan top scorer Mario Mandzukic juga satu gol.

Juara bertahan Borussia Dortmund kalah memalukan 1-4 dari tamunya Hamburg SV tapi tetap berada di peringkat dua dengan 39 poin, sementara Bayer Leverkusen menyianyiakan kesempatan untuk berada di posisi kedua setelah bermain seri 3-3 melawan Borussia Moenchengladbach.

ITALIA
Juventus memperkuat posisinya di puncak klasemen Serie A menjadi lima poin lebih banyak dari penguntit utamanya Napoli, setelah mengalahkan Fiorentina 2-0, sedangkan Napoli sendiri hanya mampu seri 1-1 melawan peringkat tiga Lazio.

Mirko Vucinic dan Alessandro Matri mencetak dua gol bagi juara bertahan Juventus pada babak pertama untuk membawa Juve mengemas 55 poin hasil dari 24 pertandingan.

Napoli nyaris kalah sebelum kemudian Hugo Campagnaro mengantarkan timnya memperoleh satu poin menyusul golnya pada menit 87 yang menyamakan kedudukan melawan Lazio yang sudah lebih dulu mencetak gol pada menit 11 lewat Sergio Floccari.  Lazio masih tertinggal enam pon di posisi ketiga.

Sementara kemenangan 3-1 dari Chievo membuat Inter Milan kini berselisih satu poin dari Lazio.  Pada laga lainnya, Mario Balotelli menyelamatkan Milan lewat gol penalti menjelang akhir babak kedua untuk mengubah keadaan 1-1 kala melawan Cagliari.

PERANCIS

Paris St Germain kini memimpin enam poin di puncak klasemen Ligue 1 setelah mengalahkan Bastia 3-1, dari rival beratnya menuju juara, Olympique Lyon, yang saat bersamaan tersungkur di kandang sendiri dari Lille dengan skor juga 3-1.

PSG, yang berada di posisi sama dengan Lyon sepuluh hari lalu, mengemas 51 poin hasil dari 24 laga, sedangkan Lyon yang juara tujuh kali liga Perancis mengoleksi 45 setelah untuk kedua kalinya kalah berturut-turut.

Peringkat tiga Olympique Marseille berselisih dua poin dibawah Lyon setelah bermain seri 1-1 melawan Evian Thonon Gaillard.  Marseille berada tiga poin di atas peringkat empat St Etienne yang menang 4-1 dari Montpellier.  Sedangkan Stade Rennes menempati posisi lima setelah menang di kandang 2-0 atas Toulouse.

BELANDA
Dua pemain remaja Feyenoord, Jean Paul Boetius dan Tonny Vilhena, mengantarkan timnya menang 3-1 atas AZ Alkmaar, sehingga timnya kini berselisih tiga poin dari pemuncak klasemen PSV Eindhoven.

PSV sendiri bermain seri 2-2 dengan Vitesse Arnhem, sedangkan Ajax Amsterdam dan Twente Enschede hanya meraih satu poin setelah keduanya bermain seri. Ajax ditahan seri 1-1 oleh Roda JC Kerkrade, sedangkan Twente seri 1-1 melawan tim lemah PEC Zwolle.

PORTUGAL
Dua penguasa sementara Liga Premier Portugal, Porto dan Benfica, masing-masing bermain seri menghadapi lawan-lawannya, Olhanense dan Nacional da Madeira, sehingga mengetatkan persaingan antara mereka.

Porto menyamakan kedudukan menjadi  1-1 setelah striker asal Kolombia Jackson Martinez mencetak gol pada babak kedua, namun gagal mengeksekusi satu tendangan penalti.  Juara liga Portugal ini terus menekan Olhanense, namun gagal, terutama karena cemerlangnya kiper Rafael Bracalli.

Benfica menyianyiakan keunggulan 2-1 setelah striker asal Paraguay Oscar Cardozo dan jenderal lapangan tengah Nemanja Matic diusir dari lapangan pada laga yang berkesudahan  2-2 itu.

Porto dan Benfica sama-sama mengemas 46 poin dari 18 pertandingan.  Keduanya berselisih 15 poin dari peringkat tiga Pacos de Ferreira.    (Reuters)

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013