Karawang (ANTARA) - Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepuloh, mendorong agar di masing-masing kecamatan di sekitar Kabupaten Karawang, Jawa Barat, terdapat produk unggulan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Insya Allah kalau untuk pemasaran dan sertifikasi produk akan dibantu Dinas Koperasi dan UMKM," kata Aep, saat Gebyar Pelayanan Terpadu Kecamatan (Paten) dan pameran produk UMKM Kecamatan Majalaya, Karawang, Rabu.

Ia mengatakan, kegiatan Paten digelar dua kali setiap pekan, yakni pada Rabu dan Jumat, di masing-masing kecamatan sekitar Karawang.

Selain untuk mendekatkan pelayanan publik ke masyarakat, pada kegiatan Paten juga terdapat pameran produk UMKM.

Saat kegiatan Paten di Kecamatan Majalaya, Wabup Aep mengaku bangga dengan adanya produk UMKM yang dihasilkan di daerah itu, yakni UMKM busana rajut.

Ia mengapresiasi produk UMKM Desa Sarijaya yang memproduksi sweater rajut tangan, dengan kualitas yang bagus.

Disebutkan kalau produk UMKM tersebut dapat bersaing jika dikemas serta dipasarkan dengan baik. Sebab busana pakaian rajut wanita yang telah dihasilkan itu, kini telah menjadi tren di kalangan generasi milenial.

Ke depannya, pelaku usaha busana rajut itu diharapkan bisa berkoordinasi dengan Dinas Koperasi dan UMKM Karawang. Sehingga ada pembinaan dalam hal pemasaran dan proses sertifikasi atas produk.

Ia berharap agar masyarakat, khususnya pelaku UMKM, bisa terus meningkatkan kualitas produknya, dan terus melakukan inovasi-inovasi dalam mengembangkan UMKM di tingkat desa

Diharapkan pula agar di masing-masing kecamatan sekitar Karawang terdapat produk UMKM yang diunggulkan. 


Baca juga: Wamentan dorong Karawang terus menjaga produktivitas pertanian


Baca juga: Ratusan perajin siap kembangkan batik khas Karawang

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023