Kudus (ANTARA) - Sebanyak 1.270 calon haji di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengikuti praktik manasik haji setelah sebelumnya mereka mendapatkan materi tentang manasik haji, sebagai persiapan menuju Tanah Suci Mekkah, Kamis.

Praktik manasik haji digelar di beberapa tempat sebagai bekal ketika mereka melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah, di antaranya di Gedung Jam'iyyatul Hujjaj Kudus (JHK)/Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kudus, halaman kantor DPRD Kudus, dan Alun-Alun Kudus.

"Dengan adanya praktik manasik haji ini, diharapkan jamaah calon haji yang sebelumnya belum pernah ke Mekkah memiliki gambaran pelaksanaan haji sesungguhnya nanti," kata Wakil Ketua Pengurus Daerah IPHI Kudus Shodiqun didampingi sekretaris, Suudi di Kudus.

Ia mengungkapkan praktik manasik haji tingkat kabupaten ini hasil kerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kudus dan Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Kudus.

Praktik manasik haji, kata dia, memang digelar saat suasana panas terik, karena cuaca di Mekkah diperkirakan juga panas.

"Ini merupakan latihan fisik sehingga mereka harus mempersiapkan, baik fisik maupun kesehatannya sebelum keberangkatannya ke Mekkah," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, selama dua pekan terakhir sebelum keberangkatan ke Mekkah yang diperkirakan pada 19-20 Juni 2023, mereka harus menjaga kesehatan dan tidak melakukan aktivitas berat, mengingat mayoritas calon haji di Kudus merupakan lansia. 

Baca juga: 314 calon haji Kota Ambon jalani manasik haji
Baca juga: Kemenag Bolaang Mongondouw gelar manasik haji 2023 pada CJH
Baca juga: Jamaah calon haji kabupaten Katingan laksanakan manasik haji

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023