Saya minta kabupaten dan kota harus hadir membawa produk lokal masing-masing agar dikenal wisatawan.
Jayapura (ANTARA) -
Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun meminta agar pemerintah kabupaten dan kota setempat menyiapkan produk-produk khas daerahnya untuk dipasarkan pada pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih (STC) 2023.

“Saya minta kabupaten dan kota harus hadir membawa produk lokal masing-masing agar dikenal wisatawan, karena pada pembukaan akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo,” katanya, di Jayapura, Kamis.

Menurut Ridwan, Papua kaya akan hasil produk lokal seperti Kabupaten Sarmi dengan crude palm oil (CPO) atau minyak kelapa sawit, Biak kaya hasil lautnya dan lainnya. Sehingga perlu diangkat bersama-sama agar menjadi nilai ekonomi.

“Kini kesiapan sedang jalan di mana beberapa kegiatan sebelum menuju ke STC. Kegiatan tersebut dilalukan pada empat kabupaten penyelenggara, di Kabupaten Sarmi, Kepulauan Yapen, Waropen, Supiori, Biak,” ujarnya pula.

Dia menjelaskan karena kegiatan STC 2023 merupakan agenda nasional, sehingga bukan hanya Pemerintah Provinsi Papua ikut terlibat namun dari Kementerian Pariwisata juga ikut memantau persiapan sejauh mana persiapan. Tim kolaborasi terdiri dari kementerian, Provinsi Papua, dan kabupaten sekitar Teluk Cenderawasih.

“Kegiatan STC merupakan agenda kolaborasi antara pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten, sehingga diharapkan dapat berjalan lancar dengan begitu banyak wisatawan-wisatawan yang datang ke Papua,” katanya lagi.

Dia menambahkan pada kegiatan STC pengunjung yang datang dari berbagai negara, sehingga bisa melihat, mencoba dan membeli dalam jumlah yang banyak produk-produk lokal termasuk juga kopi Papua.
Baca juga: Basarnas siapkan petugas terlatih dukung Sail Teluk Cenderawasih 2023
Baca juga: Pemkab Biak alokasi Rp17 miliar untuk Sail Teluk Cenderawasih

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023