Karena kloter 10 ini penerbangan langsung ke Jeddah, maka kami minta mereka sudah mengenakan kain ihram, mengingat toilet di pesawat tidak mungkin bisa menampung
Cirebon (ANTARA) - Executive General Manager (EGM) Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Nuril Huda mengatakan untuk jamaah calon haji yang masuk kelompok terbang (kloter) 10 Embarkasi Kertajati, sudah langsung diterbangkan ke Jeddah, sehingga mereka diimbau mengenakan kain ihram saat masuk pesawat.

"Untuk kloter 10 penerbangan dari BIJB Kertajati langsung ke Jeddah," kata EGM BIJB Nuril Gida saat dihubungi melalui telepon seluler, Kamis.

Menurutnya, pada Kamis (8/6) di BIJB Kertajati sudah memberangkatkan jamaah calon haji untuk gelombang kedua, dimana mereka diterbangkan dari Kertajati langsung ke Jeddah, Arab Saudi.

Ia menjelaskan penerbangan langsung ke Jeddah dilakukan setelah pada Rabu (7/6) gelombang pertama dari BIJB Kertajati ke Madinah selesai diberangkatkan dengan total terdapat sembilan kloter.

Baca juga: Kemenag minta jamaah gelombang II kenakan ihram sejak di embarkasi

Nuril mengatakan untuk kloter 10 Embarkasi Kertajati menjadi kloter pertama yang diterbangkan ke Jeddah, sehingga pihaknya meminta jamaah calon haji kloter tersebut sudah mengenakan kain ihram saat masuk pesawat.

"Karena kloter 10 ini penerbangan langsung ke Jeddah, maka kami minta mereka sudah mengenakan kain ihram, mengingat toilet di pesawat tidak mungkin bisa menampung," tuturnya.

Ia menambahkan BIJB Kertajati sudah menyiapkan sejumlah fasilitas yang memadai untuk memberikan pelayanan lebih baik kepada jamaah calon haji, seperti adanya penambahan petugas pelayanan, mengingat pada musim haji tahun 2023 jamaah lansia cukup banyak. 

"Kami pastikan pelayanan di BIJB Kertajati maksimal, terutama untuk jamaah calon haji yang lansia," katanya.

Baca juga: Sebanyak 393 jamaah JKG 42 gelombang kedua tiba di Jeddah
Baca juga: 8 Juni 2023, jadwal jamaah haji gelombang kedua tiba di Jeddah

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023