Jakarta (ANTARA) - Gagasan bahwa hanya wanita yang harus peduli dengan kulit harus segera dienyahkan mengingat pria juga perlu untuk merawat kulitnya. 

Namun, dibandingkan wanita, kulit pria memiliki lebih banyak kolagen dan elastin, sehingga membuatnya tebal dan kencang, serta menjadi tanda penuaan lebih banyak muncul.

Oleh karena itu, baik pria maupun wanita perlu memiliki rutinitas perawatan kulit harian yang tepat, terutama bagi pria yang seharusnya tidak hanya mengandalkan krim dan pisau cukur belaka.

Baca juga: Kiat perawatan kulit untuk pria saat hadapi cuaca panas

Berikut sejumlah tips untuk merawat muka bagi para pria

1. Rajin mencuci wajah

Membersihkan wajah dengan air hangat saja tidak cukup. Jangan pernah berpikir untuk menggunakan shower gel atau sabun tangan untuk mencuci muka, sebab, ini akan sangat merusak kulit Anda.

Setiap orang harus memiliki sabun wajah atau pembersih yang sesuai dengan jenis kulit mereka. Mencuci wajah dengan produk yang sesuai dengan kebutuhan jenis kulit adalah suatu keharusan.

2. Gunakan krim dan serum retinoid

Kerutan dapat membuat wajah menjadi terlihat lebih tua dan lelah. Tidak ada yang bisa membalikkan proses penuaan. Namun, jumlah dan kedalaman kerutan dapat dikurangi jika Anda cukup melembabkan kulit.

Anda dapat memperlambat penuaan kulit dengan menggunakan krim dan serum retinoid, mengoleskan masker wajah yang melembabkan wajah. Ingatlah untuk tidak menggunakan produk yang sangat berminyak.

Baca juga: Tiga rangkaian "skincare" pria untuk kulit wajah sehat

3. Rutin pakai tabir surya

Sinar ultraviolet (UV) sangat merusak kulit karena dapat menyebabkan keriput, bintik-bintik, bintik-bintik pigmen, dan bahkan kanker kulit. Baik ahli kecantikan maupun pekerja medis mendorong orang di seluruh dunia untuk melindungi kulit mereka dari paparan sinar UV.

Oleh karena itu, kulit wajah yang halus harus selalu dilindungi dari pengaruh sinar UV yang keras. Gunakan tabir surya berkualitas tinggi dan aplikasikan setiap 2 jam pada hari yang sangat cerah atau satu kali sebelum pergi saat hari tidak terlalu cerah.

Founder Barmen Akbar Alatas dalam pernyataan di Jakarta, Kamis, mengatakan pria juga butuh untuk merawat diri, karena saat ini sudah tidak ada alasan lagi untuk mengabaikan kesehatan kulit, mengingat perubahan zaman yang pesat.

"Sudah seharusnya para pria agar semakin aware dengan perawatan," kata Akbar.

Sebagai produk perawatan kulit, ia mengatakan Barmen mampu memberikan hasil yang alami, dengan formula khusus untuk merawat kulit.

Barmen yang menyediakan berbagai produk perawatan pria seperti lips serum, sabun wajah, serum wajah hingga sunscreen juga aman karena sudah mengantongi standarisasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca juga: Pria juga butuh perawatan kulit
 

Pewarta: Satyagraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023