Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik mewarnai pemberitaan nasional, Kamis (8/6) kemarin, mulai dari Presiden Joko Widodo menemui Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim di Malaysia hingga penutupan Rakernas PDI Perjuangan.

Berikut lima peristiwa politik menarik kemarin yang dirangkum ANTARA

 

1. Kunjungan Jokowi ke Seri Perdana hasilkan enam MoU Indonesia-Malaysia

Kunjungan resmi Presiden RI Joko Widodo ke Seri Perdana, Putrajaya, atau kompleks kantor Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim pada Kamis menghasilkan penandatanganan sedikitnya enam nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU).

Mengutip keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden RI yang diterima di Jakarta, keenam MoU tersebut meliputi pertama MoU tentang Perjanjian Lintas Batas yang ditandatangani Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian bersama Menteri Dalam Negeri Malaysia Dato Seri Saifuddin Nasution.

Selengkapnya di sini

 

2. Jokowi harap negosiasi perbatasan RI-Malaysia selesai di eranya

Presiden Joko Widodo berharap negosiasi terkait perbatasan Indonesia-Malaysia dapat diselesaikan pada masa kepemimpinan dirinya di Indonesia dan Perdana Menteri Anwar Ibrahim di Malaysia.

Hal itu disampaikan Presiden dalam konferensi pers bersama PM Malaysia Anwar Ibrahim usai pertemuan keduanya di Malaysia, Kamis, sebagaimana disaksikan melalui tayangan video di kanal Youtube stasiun televisi Buletin TV3 Malaysia, dari Jakarta.

“Saya juga berharap negosiasi perbatasan lainnya termasuk di darat, Sebatik, kemudian Sinapad, juga bisa segera diselesaikan, mumpung Perdana Menterinya masih Dato Seri Anwar Ibrahim dan di Indonesia Presidennya masih Jokowi,” ujar Jokowi.

Selengkapnya di sini

 

3. Jokowi apresiasi komitmen Anwar Ibrahim lindungi PMI di Malaysia

Presiden RI Joko Widodo mengapresiasi komitmen Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim dalam upaya memperkuat perlindungan pekerja migran Indonesia (PMI) yang berada di wilayahnya.

"Saya sangat menghargai sekali komitmen Dato Seri Anwar Ibrahim untuk memperkuat perlindungan pekerja migran Indonesia," kata Jokowi dalam jumpa pers bersama PM Anwar Ibrahim usai pertemuan di Seri Perdana, Putrajaya, Malaysia, Kamis.

Selengkapnya di sini

 

4. PDI Perjuangan nyatakan komitmen lanjutkan warisan Jokowi

Hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDI Perjuangan menyatakan komitmen partai untuk melanjutkan kepemimpinan, program, dan warisan dari pemerintahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tidak terbatas pada pemindahan ibu kota negara (IKN).

"Kesinambungan kepemimpinan, program, dan legasi (warisan) dari Presiden Joko Widodo tidak hanya terbatas pada pemindahan ibu kota negara," ujar Ketua DPP Bidang Politik PDI Perjuangan Puan Maharani membacakan butir kesebelas rekomendasi eksternal dari Rakernas III PDI Perjuangan di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis.

Selengkapnya di sini

 

5. KPU RI sebut seluruh parpol penuhi komposisi calon DPR perempuan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyampaikan seluruh partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 telah memenuhi komposisi bakal calon anggota DPR RI perempuan dalam penyusunan daftar bakal caleg, sebagaimana amanat Pasal 246 ayat (2) UU Pemilu.

"Semua parpol atau 18 parpol peserta Pemilu 2024 telah memenuhi ketentuan Pasal 246 ayat (2) UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum," kata anggota KPU RI Idham Holik kepada wartawan di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023