Jakarta (ANTARA) - Hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDI Perjuangan menyatakan komitmen partai untuk melanjutkan kepemimpinan, program, dan warisan dari pemerintahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tidak terbatas pada pemindahan ibu kota negara (IKN).

"Kesinambungan kepemimpinan, program, dan legasi (warisan) dari Presiden Joko Widodo tidak hanya terbatas pada pemindahan ibu kota negara," ujar Ketua DPP Bidang Politik PDI Perjuangan Puan Maharani membacakan butir kesebelas rekomendasi eksternal dari Rakernas III PDI Perjuangan di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis.

Puan menuturkan warisan pemerintahan Jokowi juga meliputi hilirisasi industri, pembangunan koridor strategis, dan konektografi melalui infrasruktur, serta mempercepat kemajuan dalam seluruh aspek kehidupan dengan memanfaatkan bonus demografi.

PDI Perjuangan juga bertekad memperjuangkan kepemimpinan Indonesia di kancah dunia.

"Seluruh komitmen keberlangsungan kepemimpinan tersebut akan dilaksanakan oleh PDI Perjuangan dan presiden terpilih dari partai," ujar Puan di hadapan para fungsionaris partai.

Rakernas ini digelar 3 hari, mulai Selasa (6/6) hingga hari ini, Kamis (8/6).

Pada hari ketiga, rakernas membahas soal konsolidasi berkaitan dengan puncak Peringatan Bulan Bung Karno pada tanggal 24 Juni 2023.

Selanjutnya, rakernas juga pembahasan penajaman pemenangan pemilu yang akan disampaikan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDI Perjuangan Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul dan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Utut Adianto.

Di samping 17 butir rekomendasi eksternal, rakernas juga telah menelurkan 57 butir rekomendasi internal PDI Perjuangan.

Baca juga: PDIP nyatakan visi dan misi capres fokus pada pemberantasan kemiskinan
Baca juga: Hasto benarkan video Jokowi puji Ganjar dalam Rakernas III PDIP

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023