Jakarta (ANTARA) - Ada berbagai cara untuk ikut meramaikan final pertandingan NBA 2023 pada Sabtu (10/7) yang mempertemukan Miami Heat vs Denver Nuggets, salah satunya seperti dilakukan pegiat seni mural atau graffiti Bernhard Suryaningrat melalui gelaran NBA Finals Fest di Jakarta.
 
Pria yang pernah dikenal publik karena jaket denim custom-nya pernah dikenakan Presiden Joko Widodo itu kini berkutat dengan mural wajah tiga pebasket ternama yakni LeBron James serta dua ikon tim berlaga di final yaitu Nikola Jokic dan Jimmy Butler.
 
Bernhard memasukkan elemen khas Indonesia berupa batik dan wayang dalam mural dengan gambar utama wajah para pebasket itu sehingga tercipta perpaduan budaya pop dan tradisional.
 
"Berhubung dengan style gua juga, memang warna-warnanya colorful jadi gua coba padu padankan gimana tetap kelihatan menarik," ujar dia kepada ANTARA kala ditemui di M Bloc Space, Jakarta, Jumat.

Baca juga: Intip keseruan dari games hingga "nobar" di NBA Final Fest

Dia berharap nantinya muda-mudi yang melihat karyanya nanti bisa berpendapat positif termasuk mengatakan, "Wah ternyata batik di mix dengan ini keren ya".
 
Tujuan Bernhard melalui karyanya kali ini selain ikut meramaikan final NBA 2023 juga agar lebih banyak orang mengenal desainnya dan mengenalkan budaya Indonesia pada khalayak.
 
Dia hanya punya waktu tiga hari untuk menyelesaikan karyanya terhitung Jumat ini.
 
Ketika ditanya alasan menggambar LeBron James, dia menuturkan ini terkait dengan label pebasket terbaik era sekarang kendati masih menjadi perdebatan. Sementara wajah Nikola Jokic dan Jimmy Butler karena keduanya bertemu di final nanti.
 
"Ini kan masih menjadi perdebatan siapa pemain terbaik di era-nya basket. Kalau kita ngomongin era sekarang ya Le Bron. Gua sendiri ngefans banget sama Jordan," tutur dia.
 
Mural karya Bernhard menjadi satu dari serangkaian hal yang dihadirkan dalam pameran budaya pop bagi penggemar NBA di Indonesia melalui NBA Finals Fest yang digelar Asosiasi Bola Basket Nasional Amerika Serikat (NBA) di Indonesia di M Bloc Space, Jakarta.
 
Pameran yang dijadwalkan berlangsung mulai hari ini hingga 11 Juni 2023 itu juga menghadirkan area permainan basket, area menonton bareng (nobar)
pertandingan final NBA, pertunjukan musik, pameran seni lukis hingga gelaran fesyen.
 
"Di sini gua berkesempatan untuk berkolaborasi sekaligus mengenalkan ke teman-teman graffiti bahwa basket di Indonesia ada acaranya ternyata, yang mungkin belum banyak tahu," demikian ujar Bernhard.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023