tiga korban selamat saat kondisinya masih terlihat trauma
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Satu wisatawan Jakarta Selatan belum ditemukan setelah tenggelam di Pantai Pasir Putih, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Jumat, (9/6) sementara tiga korban lainnya selamat.

"Satu dari empat korban yang tenggelam di pantai yang berada di Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap masih dalam pencarian tim SAR gabungan. Sementara untuk tiga korban lainnya selamat," kata Ketua Forum Koordinasi SAR Daerah (FKSD) Kabupaten Sukabumi Okih Pajri Assidiqie di Sukabumi, Jumat.

Adapun satu korban yang belum ditemukan tersebut diketahui bernama Romico (28) warga Kampung Ulumjami RT 06/03, Kelurahan Ulumjami, Kecamatan Pasanggrahan, Jaksel.

Sementara tiga korban selamat yakni Deri Anggara (30) warga Jalan H Ridi, RT 07/03 dan Reyfhaldi Chaniago (23) warga Jalan H Mairim, Kelurahan Ulumjami, Kecamatan Pasanggrahan serta Awaludin Umar (29) warga Jalan Suadarma, Kelurahan Ulumjami, Kecamatan Pasanggrahan, Jaksel.

Informasi yang dihimpun dari tim SAR, kecelakaan laut tersebut bermula saat keempat korban pada Jumat, bermain di areal Pantai Pasir Putih. Awalnya kegiatan liburan mereka tidak ada masalah.

Baca juga: Tim SAR temukan dua wisatawan korban terseret ombak di Pantai Santolo
Baca juga: Tim SAR cari dua wisatawan yang hilang terseret ombak di Garut


Namun, bencana datang saat keempatnya asyik berswafoto di pantai sambil berenang. Mereka yang tidak menyadari datangnya ombak besar yang langsung menyapu tubuh para pemuda asal Jaksel ini.

Tiga korban yakni Deri, Awaludin dan Reyfhaldi berhasil menyelamatkan diri dan menepi ke pesisir pantai, namun sayangnya tubuh Romico terbawa arus laut hingga ke tengah dan tidak lama hilang tenggelam.

Korban selamat yang panik melihat bahwa seorang rekannya hilang tenggelam kemudian meminta bantuan warga sekitar dan tidak lama tim SAR gabungan tiba di lokasi untuk melakukan penyisiran di lokasi kejadian kecelakaan.

"Hingga saat ini puluhan personel dan relawan SAR sudah berada di lokasi untuk berkoordinasi dan memantau pantai antisipasi tubuh korban muncul ke permukaan laut. Untuk tiga korban selamat saat kondisinya masih terlihat trauma dan sudah diarahkan untuk beristirahat," tambahnya.

Okih mengatakan pencarian akan dilanjutkan pada Sabtu, (10/6) pagi, namun untuk teknis operasi SAR masih dikoordinasikan, tetapi jika cuaca mendukung, pihaknya melakukan pencarian di tengah laut dan sebagian menyisir di darat.

Baca juga: Berenang di zona bahaya, seorang wisatawan terseret ombak di Garut
Baca juga: Tim SAR cari wisatawan hilang terseret ombak di Pantai Anyer
Baca juga: Wisatawan hilang terseret ombak di Pangandaran, SAR lakukan pencarian

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023