Jakarta (ANTARA) - Prawira Harum Bandung mengalahkan Dewa United Banten secara dramatis melalui babak overtime dengan skor 91-88 pada pertandingan Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2023 Seri 7 di GOR C-Tra Arena, Bandung, Jumat.

Jalannya laga berjalan ketat. Menurunkan Reza Guntara dan Brandone Francis sebagai starter, tim asal Kota Kembang itu unggul 22-15 di kuarter pertama, demikian catatan laman resmi IBL.

Pada kuarter kedua, Dewa United berusaha mengejar ketertinggalan. Alhasil, anak-anak asuh Santiago Rimoldi mampu memangkas jarak poin dari tujuh poin ke lima poin dengan skor yang berakhiran 41-46.

Memasuki kuarter ketiga, kedua tim saling susul poin. Dengan skor 59-61, Dewa United lagi-lagi berhasil memangkas sedikit demi sedikit poin dari Prawira Harum.

Pada kuarter terakhir, aksi saling susul kembali terjadi antara kedua tim. Usaha Dewa United membuahkan hasil karena mampu menyamakan skor 81-81 dan memaksa pertandingan dilanjutkan menuju babak overtime.

Baca juga: Bali United jaga asa playoffs usai kalahkan RANS

Pada babak tambahan, Dewa United yang sedikit lengah dan Prawira Harum yang tampil lebih baik dengan mencetak 10 angka menutup pertandingan dengan margin tiga angka yaitu dengan skor 91-88.

Kemenangan ini membuat Prawira Harum menempati posisi kedua klasemen sementara IBL 2023 dengan 47 poin dari 25 pertandingan, hasil 22 kemenangan dan tiga kekalahan.

Sementara itu, kekalahan ini membuat Dewa United berada pada posisi keempat klasemen sementara dengan 43 poin dari 26 pertandingan, hasil 17 kemenangan dan sembilan kekalahan.

Aktor kemenangan Prawira Harum pada laga kali ini adalah Brandone Francis yang mencetak 31 poin, 11 rebound, dan tiga assist. Torehan pemain asal Republik Dominica itu diikuti oleh rekannya yaitu Reza Guntara yang mencetak 16 pon, 10 rebound, dan dua assist dan juga Jarred Shaw yang mencetak 15 poin, empat rebound, dan satu assist.

Dua pemain Dewa United yaitu Kaleb Gemilang dan Jeison Colome sebenarnya mampu tampil gemilang.

Namun, torehan 33 poin dan tujuh assist dari Kaleb dan 27 poin, 15 poin, dan tiga assist dari Colome masih tidak mampu membuat timnya keluar sebagai pemenang.

Adapun, hingga IBL 2023 Seri 7, lima tim sudah memastikan lolos ke babak play-off dari total tiket delapan tim yang lolos. Lima tim itu adalah Pelita Jaya Bakrie Jakarta, Prawira Harum Bandung, Satria Muda Pertamina Jakarta, Dewa United Banten, dan Bima Perkasa Jogja.

Berikut hasil lengkap IBL 2023 Seri 7 Bandung, Jumat (9/6):
Mountain Gold Timika vs West Bandits Solo 71-65
Dewa United Banten vs Prawira Harum Bandung 88-91.

Baca juga: Bima Perkasa tambah derita Satya Wacana di IBL Seri Bandung
Baca juga: Pelita Jaya kembali puncaki klasemen usai perpanjang rekor kemenangan


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023