Daging hewan kurban selanjutnya akan dibagikan kepada masyarakat ekonomi menengah ke bawah di Kabupaten Sigi.
Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tenggara, Nuim Hayat mengimbau semua organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup pemerintah kabupaten setempat dapat menyelenggarakan Ibadah Qurban pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah Tahun 2023.

"Setiap OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Sigi diharapkan ikut berpartisipasi dalam berkurban pada Idul Adha tahun ini," kata Nuim Hayat, di Sigi, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi akan melaksanakan kurban pada Idul Adha, sehingga diminta kepada masing - masing OPD untuk ikut berpartisipasi.

Daging hewan kurban, kata dia, selanjutnya akan dibagikan kepada masyarakat ekonomi menengah ke bawah di Kabupaten Sigi.

Ia mengakui bahwa Pemkab Sigi telah menggelar rapat koordinasi untuk persiapan menyambut Idul Adha 2023. Rapat koordinasi itu, ujarnya, termasuk membahas mengenai keamanan dan ketertiban menyambut dan pelaksanaan Idul Adha.

Menurut dia, Idul Adha menjadi satu momentum yang sangat baik untuk membangun kebersamaan menebarkan kebaikan kepada masyarakat.

"Utamanya dalam konteks pengurangan kemiskinan," ujarnya.

Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak di Sigi agar bersama - sama saling membantu, memanfaatkan momentum Idul Adha untuk intervensi kemiskinan secara berkelanjutan.

Ibadah qurban, menurut dia, adalah simbol kesiapan mengorbankan ego pribadi, demi tujuan yang lebih mulia.

"Digantikannya Nabi Ismail oleh Tuhan dengan seekor domba adalah simbol yang menunjukkan bagaimana kita harus menyembelih tabiat hewani dalam diri kita (seperti rakus, tamak, egois), dan menghidupkan tabiat ”Ismail”, tabiat fitrah manusiawi yang lemah lembut, penuh kasih, dan tidak mementingkan diri sendiri," ujarnya.
Baca juga: Pemkab Sigi minta peternak kembangkan peternakan jadi usaha modern
Baca juga: Pemkab Sigi harap HPSMI bantu kembangkan sektor pertanian
Baca juga: Menteri PPPA minta semua pihak di Sulteng penuhi hak anak

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023