Jakarta (ANTARA) - Perlawanan Tangerang Hawks Basketball Club akhirnya terhenti lewat overtime ketika RANS PIK Basketball mengemas kemenangan dengan skor 90-86 dalam seri lanjutan IBL 2023, di C-Tra Arena, Bandung, Sabtu.

Drama penambahan waktu dimulai ketika Hawks tampil lebih agresif di kuarter ketiga. Berdasarkan catatan hasil pertandingan yang disiarkan IBL, mereka mampu memangkas ketertinggalan dari 12 angka menjadi dua angka saja di akhir kuarter ketiga untuk mendekat dengan skor 61-63.

Hawks membuat jauh lebih banyak attempt di kuarter ketiga ketimbang RANS. Setidaknya ada dua poin tiga yang membuat poin mereka lebih banyak.

Memasuki kuarter keempat, Hawks butuh satu menit saja untuk menyamai perolehan poin RANS (65-65). Setelah itu, terjadi jual beli serangan yang diikuti pergantian memimpin jalannya pertandingan. Ketegangan terjadi di sisa satu menit.

Kedudukan sama 79-79, sehingga laga harus dilanjutkan ke babak overtime. Faktanya ini merupakan overtime ke-12 di sepanjang musim 2023.

Baca juga: Prawira Harum kalahkan Dewa United secara dramatis 91-88

RANS unggul 9-0 dalam dua menit di babak overtime. Dimulai dari three point play dari Akeem Scott, lalu dilanjutkan dengan tembakan tiga angka dari Fatur Shihab dan Oki Wira Sanjaya.

Hal itu membuat Hawks cukup sulit untuk menyamakan kedudukan karena kehabisan waktu. Dua free throw dari Akeem Ellis memastikan kemenangan RANS.

Akeem Ellis mencetak 23 poin, 12 rebound, tiga assist, satu steal, dan satu block. Althof Satrio, Akeem Scott, dan David Nuban masing-masing menyumbang 12 poin. Hanya satu dari seluruh pemain dalam roster RANS yang tidak mencetak poin, yaitu Agus Salim. RANS membuat 50 point in the paint, dengan 21 fast break points.

Dari sisi Hawks, kali ini justru pemain bench yang punya kontribusi cukup besar. Diawali dari Tyron Criswell dengan catatan 23 poin, 17 rebound, lima assist, satu steal, dan dua block.

Andreas Kristian Vieri menambahkan 15 poin, sementara dari tim inti, Rizky Effendy dan Teddy Romadonsyah masing-masing mencetak 11 poin.

Hasil tersebut berpengaruh besar pada Tangerang Hawks. Sebab, mereka kini punya rekor yang sama dengan Bali United Basketball Club (11-15).

Persaingan kedua tim akan semakin menarik, sementara RANS tampaknya semakin nyaman ada di peringkat keenam dengan rekor 16-9.

Baca juga: NBA Final 2023: Nuggets atasi perlawanan Heat di gim keempat 108-95

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023