"Program ini sangat baik untuk menjadikan daerah yang terbebas dari praktik korupsi, maka kita dukung dan kita optimalisasikan,"
Manggar, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengoptimalisasikan pelaksanaan program desa anti korupsi yang digagas pihak Komisi Pemberantas Korupsi (KPK).

"Program ini sangat baik untuk menjadikan daerah yang terbebas dari praktik korupsi, maka kita dukung dan kita optimalisasikan," kata Bupati Belitung Timur Burhanuddin di Manggar, Sabtu.

Burhanuddin mengatakan itu menyikapi terpilihnya Desa Mekar Jaya sebagai salah satu desa di Bangka Belitung menjadi percontohan dari program desa anti korupsi.

Desa Mekar Jaya mendapatkan penilaian dan ditunjuk secara langsung oleh KPK sebagai calon percontohan desa anti korupsi.

"Kami dari pemerintah daerah berkomitmen dan menunjuk baik instansi vertikal, kejaksaan, kepolisian dan pemda sendiri untuk secara bersama melakukan pembinaan terhadap Desa Mekar Jaya," ujar Burhanuddin.

Burhanudin atau biasa disapa Aan ini mengatakan program desa anti korupsi ini tidak hanya bersifat seremoni namun dapat diwujudkan ke dalam sebuah komitmen.

“Komitmen harus dibangun oleh semua pihak agar dapat diwujudkan dan diimplementasikan dalam tatanan kehidupan penyelenggaraan pemerintahan desa," ujar Aan.

Kepala Satuan Tugas Desa Anti Korupsi KPK RI Rino Haruno mengatakan Desa Mekar Jaya menjadi yang paling siap dari desa di tiga Kabupaten yang diobservasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Saat ini Desa Mekar Jaya masih menjadi calon percontohan desa anti korupsi, belum menjadi desa anti korupsi karena masih ada beberapa tahapan penilaian," ujarnya.

Penilaian juga mencangkup komitmen kepala desa dan aparaturnya dalam mengimplementasikan indikator desa anti korupsi, jika ternyata belum layak maka tidak bisa dijadikan desa anti korupsi.

Rino meminta Bupati Belitung Timur dapat membentuk tim untuk pengawalan dan pembimbingan kepada Desa Mekar Jaya.

“Tim tersebut dari Inspektorat, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Belitung Timur untuk mengawal desanya nanti, agar bisa memenuhi skor indikator minimal 90 persen dari target kita 100 persen," jelas Rino.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023