kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan oleh masyarakat, bukan hanya hari ini saja
Indramayu (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, berhasil mengumpulkan sekitar 1 ton sampah saat menggelar bersih-bersih Pantai Tirta Ayu dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023.

"Kegiatan bersih-bersih pantai ini dalam rangka memperingati hari Lingkungan Hidup," kata Pjs General Manager PT KPI RU VI Balongan Wahyu Sulistyo Wibowo di Indramayu, Sabtu.

Menurutnya kegiatan bersih pantai yang dilakukan dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup tahun 2023 dengan mengangkat tema "Solusi untuk sampah plastik".

Ia menjelaskan kegiatan bersih-bersih sampah di Pantai Tirta Ayu melibatkan sebanyak 323 orang, dari kegiatan tersebut berhasil mengumpulkan total 1.099 kilogram atau 1 ton lebih sampah yang terdiri atas sampah organik dengan berat 967 kilogram, dan sampah anorganik seberat 132 kilogram.

Baca juga: Pegawai Kilang Pertamina Plaju-warga Palembang bersihkan Sungai Musi
Baca juga: Pertamina Dumai ajak masyarakat bersihkan pantai dari polusi plastik


Wahyu mengatakan Hari Lingkungan Hidup merupakan momentum Pertamina Group wilayah Balongan bersama stakeholder dan lapisan masyarakat untuk bersama-sama melakukan aksi nyata dalam menjaga kebersihan serta kelestarian lingkungan.

"Ada jenis sampah plastik yang butuh ratusan tahun baru bisa terurai, maka sudah seharusnya kita memahami prinsip pengolahan sampah yakni Reduce, Reuse dan Recycle (3R) agar tidak mencemari lingkungan," tuturnya.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relation & CSR RU VI Balongan Mohamad Zulkifli mengatakan untuk sampah yang dikumpulkan terutama sampah anorganik yang masih bisa diolah akan dimanfaatkan oleh kelompok Wiralodra (Mitra Binaan CSR Pertamina RU VI) untuk dijadikan kerajinan olahan sampah seperti plakat.

Sedangkan sampah anorganik yang kondisinya sudah sulit diolah bersama sampah organik lainnya diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA) Pecuk menggunakan truk sampah milik Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu.

"Mudah-mudahan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan oleh masyarakat, bukan hanya hari ini saja, demi menjaga kelestarian lingkungan," katanya.

Baca juga: Pengamat: Raih Proper Emas wujud komitmen dekarbonisasi Pertamina
Baca juga: Subholding Gas PGN tanam 2.040 pohon dukung kelestarian lingkungan
Baca juga: Patra Jasa komit capai target nihil pencemaran lingkungan

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023