Jakarta (ANTARA/JACX) - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, yang bakal melaju pada perhelatan pesta demokrasi lima tahunan mendatang, disebut telah resmi memiliki pendamping untuk maju pada Pemilu 2024. 

Pria yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan itu, diklaim berduet dengan rekannya di Kabinet Indonesia Maju, yakni Menteri BUMN Erick Thohir.

Narasi tersebut termuat dalam salah satu unggahan seorang pengguna TikTok, yang sudah diputar hingga 1,7 juta kali sampai Sabtu (10/6).

"ERICK THOHIR RESMI JADI CAWAPRES PAK PRABOWO SUBIANTO," demikian isi keterangan di video TikTok itu.

Terlihat pula, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno serta Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani dalam konten 58 detik tersebut.

Lantas, benarkah Erick Thohir resmi jadi cawapres Prabowo?
 
Tangkapan layar narasi hoaks yang menyatakan Prabowo resmi didampingi Erick Thohir di Pemilu 2024 (TikTok)


Penjelasan:
Hingga artikel ini dibuat, dua partai pengusung Prabowo Subianto di Pilpres 2024, yaitu Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), terpantau belum mengumumkan nama resmi cawapres pendamping Prabowo.

Fakta tersebut menjadikan narasi pencalonan resmi Erick Thohir sebagai wakil Prabowo di Pilpres mendatang, sebagai hoaks. 

Sementara itu, video yang dimunculkan di TikTok aslinya disadur dari Instagram Narasi News Room yang diunggah pada 5 Juni 2023. 

"Petinggi Partai Gerindra bertemu dengan elite Partai Amanat Nasional (PAN) di kantor DPP PAN, Jakarta Selatan. Dalam pertemuan ini, PAN menyodorkan nama Menteri BUMN Erick Thohir sebagai bakal calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto," demikian keterangan yang dibubuhkan dalam unggahan di Instagram @narasinewsroom.

Klaim: Prabowo resmi didampingi Erick Thohir di Pemilu 2024
Rating: Hoaks
 

Baca juga: Jokowi panggil Prabowo menghadap di Istana pada Jumat sore

Baca juga: Pengamat nilai Erick Thohir punya bekal mumpuni jadi cawapres

Cek fakta: Hoaks! Prabowo jadi wakil presiden Anies Baswedan


 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023