Jakarta (ANTARA/JACX) - Sejumlah berita hoaks selama sepekan terakhir beredar di berbagai platform media sosial diantaranya sakit gigi bisa hilang dengan rebusan daun jeruk hingga Swedia jadikan seks sebagai olah raga. 
 
 Tim redaksi ANTARA telah menelusuri kebenarannya, dan hasilnya terbukti hoaks. Berikut kumpulan hoaks selama satu pekan terakhir. 
 
1. Pernikahan gratis di Surabaya
 
Di platform media sosial Facebook, beredar sebuah pengumuman tentang program nikah gratis yang digelar Pemerintah Kota Surabaya.
 
Informasi berjudul "Rabi Gratis untuk Warga Surabaya" tersebut beredar di internet dalam bentuk poster. Dalam poster itu juga turut menampilkan potret Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.
 
Dalam poster disebutkan hanya dengan bermodalkan kartu keluarga, warga Surabaya dapat berpartisipasi dalam program nikah gratis ini.
 
Namub benarkah program tersebut? Simak hasil penelusuran tim ANTARA dalam laman berikut ini
 
2.Sakit gigi hilang selamanya dengan rebusan daun jeruk dan garam
 
Sebuah konten sepanjang 27 detik di TikTok, membagikan informasi tentang obat "sakti" yang diklaim dapat mengatasi sakit gigi seumur hidup dengan daun jeruk serta garam.
 
Sang pengunggah video pun menyampaikan bahwa cara membuat ramuan tersebut tidak sulit. Hanya perlu mencuci beberapa lembar daun jeruk, lalu dicampur dengan garam serta diseduh dengan air hangat.
 
"Gempar!!! Seumur hidup Gak Sakit Gigi Lagi. Kenapa baru tau!! Ramuan sakit gigi gratis," demikian isi narasi dalam video TikTok itu.
 
Lantas, benarkah rebusan daun jeruk dapat hilangkan sakit gigi selamanya? Simak hasil penelusuran tim ANTARA dalam laman berikut ini. 
 
3.Swedia resmi jadikan seks sebagai cabang olah raga
 
Sebuah unggahan yang mengklaim Swedia resmi menjadikan seks sebagai cabang olah raga beredar di berbagai media sosial dan beberapa media, salah satunya contohnya di salah satu akun Twitter. Unggahan tersebut ramai hingga disukai oleh lebih dari 17.000 pengguna lain dan telah dilihat lebih dari 3.000.000 kali.
 
Berikut narasi dalam unggahan tersebut:
 
“Dalam langkah terobosan, Swedia secara resmi mengakui seks sebagai olah raga, membuka jalan bagi kompetisi s*ks pertama di negara itu.
 
Acara mendatang, yang dikenal sebagai European S*x Championship, akan menampilkan para peserta yang terlibat dalam sesi s*ks yang diperpanjang yang dapat berlangsung hingga enam jam per hari.”
 
Namun, benarkah Swedia resmi jadikan seks sebagai cabang olah raga?Simak hasil penelusuran tim ANTARA dalam laman berikut ini
 
 
4. Messi tiba di Jakarta, langsung disambut Jokowi
 
Megabintang sepak bola asal Argentina Lionel Messi dan pemain Timnas Argentina lainnya dikabarkan sudah tiba di Jakarta.
 
Juara Piala Dunia 2022 ini hadir di Tanah Air untuk mengikuti laga FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), pada 19 Juni 2023.
 
Kedatangan Tim Tango di Indonesia disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) Erick Thohir.
 
Messi dan rekan-rekan satu timnya kompak menggunakan pakaian biru saat menghampiri Kepala Negara.
 
Narasi tersebut dibagikan melalui sebuah video yang kini sudah diputar hingga 29.000 kali, sejak diunggah di YouTube pada 29 Mei 2023.
 
Berikut isi narasinya:
"HEBOH KEDATANGAN TIMNAS ARGENTINA LANSUNG DISAMBUT SENDIRI OLEH PRESIDEN INDONESIA ,".
 
Lantas, benarkah Timnas Argentina sudah tiba di Jakarta dan langsung disambut Jokowi?Simak hasil penelusuran tim ANTARA dalam laman berikut ini



Baca juga: Dokter sebut sakit gigi bisa timbulkan peradangan otak dan jantung

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023