Kegiatan konservasi lingkungan serentak di 118 titik lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia dan diikuti oleh 87 perusahaan lainnya
Pontianak (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi Kalbar dengan melibatkan seluruh karyawannya ikut peduli dalam menjaga lingkungan hidup dengan menggelar aksi konservasi Sungai Kapuas.

"Kegiatan aksi konservasi Sungai Kapuas merupakan wujud komitmen PLN dalam upaya turut menjaga pelestarian serta kebersihan lingkungan, khususnya di aliran Sungai Kapuas," ujar General Manager PLN UID Kalbar Wahyu Jatmiko di Pontianak seperti keterangan, Minggu.

Ia menjelaskan kegiatan yang juga menjadi rangkaian peringatan hari lingkungan hidup sedunia sebagai tindak lanjut sesuai Instruksi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Kegiatan konservasi lingkungan ini serentak dilaksanakan di 118 titik lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia dan diikuti oleh 87 perusahaan lainnya, dengan pusat kegiatan dilaksanakan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur," papar dia.

Dikatakannya, PLN sebagai salah satu badan usaha milik negara memiliki tanggungjawab sosial dan lingkungan. Selain mendorong kegiatan pertumbuhan serta pemberdayaan ekonomi masyarakat, juga melaksanakan berbagai kegiatan pelestarian lingkungan, seperti yang dilakukan hari ini.

"Kawasan Waterfront Sungai Kapuas merupakan salah satu lokasi wisata favorit yang ada di Kota Pontianak, untuk itu kondisi kebersihannya harus benar-benar terjaga, agar terlihat bersih dan nyaman, sehingga mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke sana," papar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pontianak, Syarif Usmulyono mengapresiasi kegiatan konservasi lingkungan Sungai Kapuas yang diprakarsai oleh PLN. Menurutnya, menjaga kebersihan lingkungan khususnya di kawasan waterfront Sungai Kapuas ini merupakan tanggungjawab seluruh elemen masyarakat.

"Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kota Pontianak kami mengucapkan kasih kepada PLN atas kegiatan yang dilaksanakan. Saya berharap kegiatan ini dapat diikuti oleh perusahaan-perusahaan BUMN lainnya, perusahaan swasta, dan institusi lainnya, agar semakin banyak elemen masyarakat yang turut peduli terhadap kebersihan lingkungan, khususnya di kawasan waterfront Sungai Kapuas ini," papar dia.

Diakuinya, kegiatan ini juga dapat menginspirasi masyarakat yang berada di bantaran Sungai Kapuas untuk peduli dan menjaga kebersihan Sungai Kapuas, minimal tidak membuang sampah ke sungai.

"Kegiatan ini menjadi inspirasi buat kita semua agar menimbulkan kesadaran serta budaya bersih-bersih di lingkungan masing-masing," jelasnya.
Baca juga: PLN luncurkan Pasukan PDKB Kalbar jaga keandalan pasokan listrik
Baca juga: Sebanyak 10 UMKM binaan PLN Kalbar mampu rambah pasar internasional
Baca juga: Surplus setrum jadi pemacu UMKM Kalbar tumbuh lebih cepat

Pewarta: Dedi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023