Jakarta (ANTARA) - China akan meningkatkan upaya pengendalian banjir dan bantuan bencana ketika hujan lebat melanda wilayah selatan negara itu, menurut Kantor Pusat Pengendalian Banjir dan Bantuan Kekeringan Negara China dan Kementerian Manajemen Darurat.

Departemen-departemen terkait harus mengeluarkan peringatan dini hujan badai, menyiapkan tim penyelamat dan material terlebih dahulu, menangani situasi berbahaya dengan segera, dan mengevakuasi orang-orang dari daerah berbahaya secara tepat waktu, kata kedua badan pemerintah tersebut.

Selain itu, lebih banyak upaya harus dilakukan untuk mendukung pencegahan dan respons terhadap banjir bandang dan banjir dari sungai kecil dan sedang, serta memastikan keamanan bendungan kecil dan sedang.

Kantor Pusat Pengendalian Banjir dan Bantuan Kekeringan Negara China pada Sabtu (10/6) mengatakan bahwa pihaknya telah meluncurkan tanggap darurat empat tingkat untuk banjir.

Hujan lebat memicu banjir di beberapa bagian Kota Beihai di Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China selatan, pada Jumat (9/6) dan berdampak terhadap beberapa desa, namun tidak ada korban jiwa yang dilaporkan. 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023